Kapan Lebaran 2016? Kata Menteri Agama 1 Syawal pada Jatuh Rabu Lusa

oleh

dp-bbm-met-lebaran-bergerak bedug islamiJAKARTA,BB – Puji syukur tahun ini, umat islam di Indonesia akan menunaikan shalat Idul Fitri serentak. Utamanya kalangan ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah yang menetapkan lebaran Rabu 6 Juli 2016. Jadi pertanyaan kapan lebaran Idul Fitri yang membingungkan sudah terjawab.

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin usai sidang isbat mengatakan 1 Syawal 1437 H tahun jatuh pada hari Rabu 6 Juli 2016. Menurut Lukman Hakim, tim Kemenag tak melihat hilal saat rukyat. “Karena tidak ada satu pun tim yang melihat hilal, maka bulan Ramadan disempurnakan 30 hari. Satu Syawal lusa bertepatan dengan Hari Rabu 6 juli 2016,” ujar Lukman Hakim di Kantor Kemenag, Senin 4 Juli 2016 usai menggelar sidang isbat.

BACA JUGA:   Jadwal Lebaran Hari Raya Idul Fitri Pemerintah Tanggal 17 Juli 2015

Menurut Menag terdapat 90 tim pemantau hilal di seluruh penjuru tanah air petang tadi tak melihat hilal. Petang ini posisi hilal masih di bawah ufuk. Diberitakan sebelumnya, prediksi awal Syawal akan jatuh pada 6 Juli. Karena hilal masih di bawah ufuk.