Alhamdulillah, Dewan Pers Restui Pembentukan Forum Jurnalis Selatan

235 views

Ketua Dewan Pers Indonesia, Yosep Adi Prasetyo (Stanley) menyerahkan cinderamata berupa buka hasil karyanya berjudul "JURNALIS DI TERIK MATAHARI" kepada Suparman, jurnalis Harian RADAR SELATAN

Ketua Dewan Pers Indonesia, Yosep Adi Prasetyo (Stanley) menyerahkan cinderamata berupa buka hasil karyanya berjudul “JURNALIS DI TERIK MATAHARI” kepada Suparman, jurnalis Harian RADAR SELATAN

MAKASSAR,BB — Rencana pembentukan Forum Jurnalis Selatan (FJS) Sulawesi Selatan mendapat respons positif dari Ketua Dewan Pers Indonesia, Yosep Adi Prasetyo. Pria yang akrab disapa Stanley ini mengapresasi pembentukan forum yang nantinya mewadahi jurnalis di wilayah selatan Sulsel.

“Rencananya bagus, kita dukung itu. Yang pasti orang-orang di dalamnya punya media yang kridibel dan mau profesional,” kata Stenly di sela-sela kegiatan workshop Diseminasi Pedoman Peliputan Terorisme dan Peningkatan Profesionalisme Media Massa Pers dalam Meliput Isu-isu Terorisme di auditorium UIM, Makassar (28/7/2016).

Menurut mantan wakil ketua dan komisioner Komnas-HAM ini, dengan adanya forum tersebut menjadi wadah berhimpun untuk memperkuat eksistensi dan legitimasi jurnalis di wilayah kerja masing-masing. Selain itu, forum ini juga diharapkan mampu meng-cover dan menyaring jurnalis di daerah yang memang bekerja di media dan berbadan hukum atau resmi.

“Tahun depan semua jurnalis wajib UKW (Ujian Komptensi Wartawan). Karena itu tidak bisa diterima pejabat (wawancara, red) kalau tidak ada kartu UKW-nya,” jelas Stanley. Melalui forum tersebut, penulis yang juga pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI) ini berjanji akan membantu jurnalis di daerah untuk memperoleh pendidikan jurnalistik yang lebih baik melalui pelatihan-pelatihan jurnalistik. Sehingga kedepan, karya jurnalistik yang dihasilkan jurnalis di daerah lebih profesional. Suparman, jurnalis Harian RADAR SELATAN mengaku lega dan bersyukur forum yang telah direncanakan sejak lama tersebut mendapat restu dari Dewan Pers. Rencananya, forum yang menghimpun jurnalis di enam daerah di wilayah selatan Sulsel meliputi Bulukumba, Bantaeng, Sinjai, Selayar, Jeneponto, dan Takalar tersebut dibentuk awal Agustus mendatang, dan dipusatkan di Kabupaten Bulukumba.

“Alhamdulillah, ini berkat inisiatif dan semangat dari teman-teman jurnalis di wilayah selatan Sulsel untuk membentuk orgaisasi sebagai wadah berhimpun. Kepanitiaan persiapan pembentukan forum juga sudah dibentuk dan sementara jalan. Insya Allah pekan depan forum ini sudah bisa terbentuk,” ujarnya.

Sementara itu sejumlah jurnalis sudah menyatakan diri bergabung di FJS tersebut. Seperti jurnalis VE Channel, BeritaBulukumba.COM, TVRI, Kompas TV, Radar Selatan, Harian Fajar, SulselNews, Metro TV. “Sementara komunikasi dengan teman-teman yang lain. Setelah kami data sudah ada puluhan jurnalis di wilayah selatan,”kata Anjar S Masiga, Ketua Persiapan Pembentukan Forum Jurnalis Selatan.

Forum Jurnalis Selatan Jurnalis