Resmi Terbentuk, Pengurus Forum Jurnalis Selatan Akan Dilantik Dewan Pers

274 views

IMG_20160806_114839_1BULUKUMBA,BB – Forum Jurnalis Selatan disingkat FJS resmi terbentuk Sabtu 6 Agustus 2016 di Warkop Mattoanging Bulukumba. Rencananya pengurus FJS akan dilantik langsung Ketua Dewan Pers, Yosep Adi Prasetyo (Stanly).

“Alhamdulillah, FJS sudah resmi terbentuk pada sore tadi. Hadir sejumlah jurnalis dari selatan Sulsel seperti Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto dan Takalar,”kata Suparman Ketua FJS terpilih saat ditemui BeritaBulukumba.com.

Sebelum pembentukan, hadir jurnalis senior Fajar Group, Sunarti Sain. Direktur Harian Radar Selatan ini menyambut baik upaya perkumpulan jurnalis di Selatan Sulsel. Selain itu, perempuan yang akrab disapa Bu Una ini meminta agar jurnalis tetap menjaga kode etik jurnalis.

“Melalui forum ini dapat mensosialisasikan pentingnya kebebasan pers. Baik di masyarakat maupun penegak hukum,”kata pembina AJI Makassar ini saat memberikan materi. Ia juga menyayangkan adanya aparat penegak hukum yang belum tahu MoU antara Kapolri dan Dewan Pers. “Ini sebagai contoh saat ada sengketa pemberitaan jurnalis dijadikan saksi oleh penyidik kepolisian. Seharusnya penyidik tahu undang-undang pers mengutamakan hak jawab dan koreksi yang merasa dirugikan. Bukan dipanggil jika ada pihak melapor ke polisi,”katanya.

Pada rapat tersebut terpilih juga Eno Masyudin dari Kompas TV sebagai sekretaris dan Anjar S Masiga dari Radar Selatan sebagai bendahara.

Forum Jurnalis Selatan