Heboh di FB, Fenomena Bulan Kembar Malam Ini Pukul 00:30 WIB, Hoax atau Fakta?

oleh

Hoax bulan kembar
Hoax bulan kembar
BULUKUMBA,BBONEWS.COM, — Sejumlah pengguna sosial media heboh dengan kabar hadirnya bulan kembar pada tengah malam ini atau Selasa dini hari 30 Agustus 2016. Namun info fenomena akan munculnya bulan dan planet mars yang disebut ‘bulan kembar’ masih simpang siur.

Bahkan info ini disebut sebagai berita bohong alias hoax. Meski demikian, kontroversi bulan kembar tak menyurutkan niat sejumlah warga untuk memastikan ada tidaknya fenomena bulan kembar malam ini. “Saya dapat info di FB, katanya ada bulan kembar nannti malam. Tapi ada info di berita itu hoax, kita lihat saja nanti,”kata Opu, salah seorang warga Bulukumba yang menerima pesan berantai tentang fenomena ini di BBM.

Loading...

Astronom Ma’rufin Sudibyo lewat media Facebook sempat menampik info itu. Ia menjelaskan bahwa bulan dan mars tak akan pernah terlihat sama besar dengan bulan. Sehingga bulan kembar sangat sulit terjadi. Selanjutnya pada malam ini, Mars akan terbenam di kaki langit barat sekitar pukul 00:00 WIB.

Sementara Bulan baru akan terbit di kaki langit timur pada sekitar pukul 04:00 WIB dinihari. Jadi, bila bangun dan melihat langit pada pukul 00.30 WIB malam ini, jangankan melihat bulan kembar, Anda bahkan tak akan melihat satu bulan pun. Baik Mars maupun Bulan takkan terlihat.

Info bulan kembar beredar dengan mengutip pernyataan dosen Teknik Universitas Brawijawa, Rudy Yuwono ST MSc. Ia mengatakan masyarakat bisa melihat fenomena itu dengan mata telanjang. “Jadi seolah ada dua bulan,” katanya. Fenomena itu bisa disaksikan pukul 00.30 WIB. Lebih fantastis lagi, fenomena ini hanya terjadi ratusan tahun sekali. Fenomena berikutnya diprediksikan terjadi tahun 2286.

Nah apakah Anda percaya atau tidak. Kita tunggu saja beberapa saat lagi.

Loading...