Ultah ke-121 Takizo Iwasaki, Pembuat Replika Makanan Hiasi Google Doodle

oleh

Takizo Iwasaki, Pembuat Sampuru pertama di dunia hiasi Google Doodle. Foto by Google
Takizo Iwasaki, Pembuat Sampuru pertama di dunia hiasi Google Doodle. Foto by Google

Hari ini 12 September 2016 adalah ulang tahun ke-121 Takizo Iwasaki. Sosok perancang dan pengembang Sampuru yang biasa disebut replika atau sample makanan asal Jepang.

Jika Anda pernah berjalan-jalan ke negeri Sakura, mungkin kerap melihat replika makanan sebuah restoran atau toko kue. Jangan langsung heran jika yang dipajang adalah makanan palsu. Dikisahkan, Takizo awalnya melihat tetesan lilin yang terbuang di rumahnya. Saat itu, penerangan menggunakan lilin setelah ia dipecat dari perusahaan.

Melihat gumpalan cairan lilin yang membeku, akhirnya iya menemukan ide membuat replika kue. Replika kue ini pertama kali dibuat untuk kerabat dekatnya yang mengelola kafe. Berhasil, Takizo mengubah pengalaman temannya itu yang setiap hari merugi karena membuat sample makanan dan kue pajangan yang asli. Akhirnya, Takizo mengembangkan usaha dan membuat replika kue ke beberapa pemilik tokoo kue atau kafe-kafe.

BACA JUGA:   Google Semarakkan UEFA Euro 2016

Hingga akhirnya Dia berhasil mendirikan usaha replika kue yang terkenal di Jepang. Kini sebagian besar replika kue yang dibuatnya menggunakan plastik. Sehingga lebih awet dan tahan lama dibanding lilin.

Tahun 1930-an itu, Takizo sukses membuat Sampuru telur dadar di daerahnya Gifu. Tak heran jika hari ini, Google membuat doodle untuk merayakan Takizo Iwasaki. Penghormatan kepada orang yang mengubah perilaku memajang makanan asli menjadi Sampuru.