Ini Niat Tata Cara dan Sunnah-sunnah Shalat Idul Adha 2021

Gambar Gravatar
  • Whatsapp
Foto by Kemenag RI

Beritabulukumba.com – “Selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 Hijriyah”. Umat muslim di seluruh dunia saat ini merayakan hari besar Idul Adha atau hari raya kurban tahun 2021.

Sementara saat ini umat muslim menunaikan rukun Islam kelima di baitullah Mekkah, Arab Saudi meski pandemi Covid-19. Baik pemerintah Indonesia maupun pemerintah Arab Saudi menetapkan Idul Adha pada Selasa 20 Juli 2021.

Kami berbagi informasi amalan sunnah serta tata cara Shalat Idul Adha 2021. Sama seperti tahun sebelumnya bahkan sebagaimana dilakukan umat muslim di seluruh dunia, shalat Idul Adha 2021 secara umum dilakukan dengan dua rakaat.

Kemudian ditutup dengan khutbah Idul Adha, setelah itu dilakukan penyembelihan hewan ternak kurban.

BACA JUGA:   Ucapan Lebaran Idul Fitri 1437 H - 2016 Untuk FB, SMS dan BBM

Sebelum shalat Idul Adha sebaiknya anda mandi. Kemudian disunnahkan memakai Minyak Wangi (bagi laki-laki) dan Bersiwak (gosok gigi). Ternyata menggunakan pakaian paling bagus adalah sunnah di hari raya Idul Adha. Kenakanlah pakainan yang paling bagus, namun bukan yang terbuat dari kain sutera.

Sebelum shalat Iedul adha sebaliknya tidak makan dulu. Disunnahkan Shalat ‘Ied di Tanah lapang. Dianjurkan agar berbeda jalan ketika berangkat dan pulang shalat ‘Ied. Disunahkan mengumandangkan takbir sejak tenggelamnya matahari pada malam eid, dan takbir ini dijadikan kesepakan oleh empat mazhab (Mahzab Hanafi, Syafi’i, Maliki dan Hanbali) bahkan sebagian ulama ada yang mewajibkannya.