Penerbang Wanita Jean Batten jadi Doodle di Google, Pecahkan Rekor

oleh

Penerbang wanita Jean Batten di Google Doodle. Foto oleh Google
Penerbang wanita Jean Batten di Google Doodle. Foto oleh Google

JAKARTA,BBOnews.com — Anda mungkin melihat doodle Google hari ini 15 September 2016 dengan sosok wanita bernama Jean Batten. Dia adalah penerbang wanita pertama yang mempu melintasi benua pada tahun 1936. Bisa dikatakan Jean Batten adalah pilot wanita pertama yang terbang melewati benua.

Saat itu Jean Batten terbang dan memecahkan rekor mengarungi udara dari Inggris ke Selandia Baru. Waktu tempuh penerbangan Jean Batten adalah sekira 11 jam 45 menit. Penerbangan Jean Batten terbilang berani karena terbang sendiri. Menurut situs wikipedia, Jean Batten meninggal dunia karena infeksi rabies yang dideritanya tahun 1982 di usia 73 tahun.

Tepat hari ini, Jean Batten memperingati kelahiran ke-107 tahun. Pemilik nama lengkap Jean Gardner Batten mendapat kehormatan sebagai doodle mesin pencari Google secara global. Tahun 2012 lalu, Indonesia pernah disinggahi napak tilas pesawat Dakota DC3 yang pernah digunakan Jean Batten itu ke Indonesia. Dakota DC3 pada 7 November 2012 membawa 11 penumpang dan mendarat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta.

BACA JUGA:   Sutradara Ultraman Eiji Tsuburaya Dikenang Google Doodle Hari Ini

https://www.youtube.com/watch?v=Lkg45gJS-o4
Berikut biodata singkat Jean Batten.
Lahir: 15 September 1909, Rotorua, Selandia Baru
Meninggal: 22 November 1982, Palma de Mallorca, Spanyol
Buku: Alone in the Sky, My life
Orang tua: Frederick Batten, Ellen Batten
Saudara kandung: John Batten