Subahanallah, Dubes Inggris untuk Saudi Simon Collis Berhaji

oleh

Simon Collis berhaji bersama istri. Foto by Twitter
Simon Collis berhaji bersama istri. Foto by Twitter

MEKAH,BBOnews.com — Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Kerajaan Arab Saudi, Simon Collis beserta keluarga masuk Islam (mualaf). Dia dan keluarga langsung menunaikan ibadah haji ke Baitullah.

Collis melakukan ibadah ini bersama istrinya, Huda Mujarkech. Dia tercatat sebagai diplomat senior Inggris pertama yang masuk Islam dan menunaikan ibadah haji. Bahkan Simon Collis mendapatkan banyak ucapan selamat dari berbagai kalangan.

Hebatnya, dalam menunaikan Rukun Islam Kelima, foto-foto Collis diunggah di media sosial sehingga banyak dapat sambutan positif. Sebut saja dari penulis dan pegiat wanita Arab Saudi, Fawziah Albakr, yang menulis dalam bahasa Arab. “Duta besar Inggris untuk Arab Saudi menjalani ibadah haji setelah masuk Islam. Simon Collis dengan istrinya Huda di Mekah. Alhamdulillah.”

Putri Basmah binti Saud menulis,

Iklan
“Selamat khususnya kepada duta besar dan istrinya.” Collis lewat Twitter mengucapkan terima kasih kepada pemberi selamat, dan mengungkapkan dia telah masuk Islam sesaat sebelum menikahi istrinya.

Dia menulis, “Pendeknya, saya masuk Islam setelah menghabiskan 30 tahun di masyarakat Muslim dan sebelum menikahi Huda.” Diplomat Inggris tersebut telah menjabat sebagai duta besar untuk Arab Saudi sejak 2015. Dia telah bertugas untuk Kemenlu Inggris, termasuk sebagai duta besar untuk Irak, Suriah dan Qatar.

Pada 2012, oleh Kemenlu, dia diminta meninggalkan Suriah karena alasan keamanan dan secara terbuka dia mengkritik rezim Assad atas perannya dalam perang saudara. Collis juga menjabat sebagai konsulat jenderal di Dubai dan Basra, juga pernah bertugas di Tunis, New Delhi, dan Amman. (Kemenag RI/BBC)

Iklan