Ladislao José Biro, Sang Penemu Pulpen Modern jadi Google Doodle

255 views

Ladislao José Biro at doodle. By Google Captured

Ladislao José Biro at doodle. By Google Captured


BBOnews.com — Inilah dia sosok penemu alat tulis pulpen modern bernama Ladislao José Biro. Ulang tahun ke-117 Ladislao José Biro pada hari ini Kamis 29 September 2016 dirayakan oleh situs Google dengan doodle.

Halaman utama Google disulap dengan gambar bertema tulisan dan pulpen. Memang, berkat penemuan Ladislao José Biro, maka sangat membantu dalam kegiatan tulis menulis. Apalagi di era tahun sebelum teknologi digital yang diserang dengan alat tulis digital. Pulpen karya Ladislao José Biro adalah benda sangat berharga kala itu.

Tahun 1931, adalah tonggak dari hadirnya pulpen modern ala Ladislao José Biro. Dia sebenarnya adalah seorang jurnalis. Sebelum menciptakan pulpen modern, Ladislao José Biro mengalami kegagalan. Uji coba jenis tinta yang sama pada fountain pen (pena dengan tinta encer) gagal menghasilkan alat tulis saat itu.

BACA JUGA:   BKS Iyengar, Mengajar Yoga Hingga Indonesia

Tanpa putus asa, ia bekerjasama dengan saudaranya Georg, seorang kimiawan. Maka penelitiannya dapat menghasilkan alat tulis yang intinya pada ujung pulpen. Pada pulpen modern itu dia mengembangkan jenis ujung baru yang mengandung bola yang bebas berputar di dalam wadahnya. Tinta pun dapat mengalir ke kertas berkat ujung pulpen itu saat berputar.

László József Bíró lahir 29 September 1899 dan meninggal 24 November 1985 pada umur 86 tahun. Meski pulpen saat ini kerap digantikan oleh gadget, namun masih penting saat situasi tertentu.

Doodle Google Ladislao José Biro

Penulis: 
    author

    Posting Terkait