Peringatan BMKG: Waspada Cuaca Ekstrim di Kepulauan Riau, Jatim dan Bali

oleh

JAKARTA,BB – BMKG hari ini Jumat 14 Juni 2013 merilis peringatan dini cuaca ekstrim di sejumlah daerah di Indonesia.

Menurut Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat Jakarta, terdapat enam daerah atau wilayah yang berpotensi dilanda cuaca buruk atau ekstrim.

Loading...

Keenam daerah tersebut yakni Kepulauan Riau, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua Barat bagian Selatan.

BMKG dalam rilisnya di situs bmkg.go.id, daerah tersebut berpotensi dilanda hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang (puting beliung).

BMKG juga memperingatkan potensi hujan lebat tanpa petir dan angin kencang di daerah Riau bagian Timur, Jambi, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Banten bagian Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat bagian Tengah,    Jawa Tengah bagian Selatan, Kalimantan Barat bagian Utara dan Barat, Kalimantan Selatan bagian Timur, Kalimantan Timur bagian Timur dan Selatan, NTT bagian Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan bagian Utara dan Papua

Potensi cuaca ekstrim terjadi mulai hari ini 14 Juni hingga 16 Juni 2013. Pumpunan angin memanjang dari Bangka Belitung hingga Laut Cina Selatan serta perlambatan kecepatan angin dari Laut Arafuru hingga Laut Banda mendukung peningkatan aktifitas pertumbuhan awan – awan hujan di wilayah Sumatera, Kalimantan bagian Barat dan Selatan, Jawa, Bali, NTT, Sulawesi bagian Tengah dan Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua,”tulis BMG.

Laporan: Cr12/Jabbar

Loading...