Dibuka Pendaftaran Online TPBI, Ujian Tulis 27 November 2016

oleh

tpbi
MEDAN,BBOnews.com — Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) membuka pendaftaran Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) 2016. Pendaftaran sudah dibuka di perguruan tinggi tertentu mulai 17 Oktober 2016 hingga 25 November 2016.

Adapun ujian masuk Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) ini digelar serentak 27 November 2016. PTN yang bergabung adalah Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Universitas Malikussaleh Kab Aceh Utara, Universitas Teuku Umar Aceh Barat, Universitas Samudra Kota Langsa Aceh, Universitas Sumatera Utara Medan, Universitas Andalas Padang dan Universitas Udayana Bali. Peserta jalur ini adalah Siswa SMA kelas 12 semester 1, tanpa memperhatikan peringkat (rangking) di kelas.

Syarat lain, peserta hanya dapat memilih lokasi ujian sesuai dengan pilihan PTNnya. TPBI bertujuan memberikan penilaian prediksi kemampuan siswa secara individual yang diukur dan dibandingkan pada tingkat daerah, provinsi maupun nasional berdasarkan materi yang sama (standard test). Memberikan gambaran awal dan dapat digunakan sebagai indikator kemampuan intelektual, minat dan bakat seorang siswa.

Menyampaikan nilai TPBI beserta data lain kepada PTN pilihannya untuk menjadi bahan pertimbangan perguruan tinggi dalam program penerimaan mahasiswa baru. Mengirim hasil TPBI dalam bentuk sertifikat kepada peserta sesuai dengan pilihan PTNnya. Mengirimkan hasil TPBI kepada PTN. Untuk pendaftaran kunjungi situs SPMB.or.id.

Iklan