Lin Che Wei, Non Muslim Pencerah Saat Demo 4 November

oleh

JAKARTA,BBOnews.com — Tak banyak mengenal sosok Lin Che Wei. WNI keturunan Tiongkok ini salah seorang non muslim yang benyak memberikan pencerahan saat demo “Aksi Bela Islam 2” di Jakarta.

Saat banyak kritikan dan info menyesatkan di dunia maya soal aksi damai 4 November, mantan Ceo Yayasan Sampoerna itu justru memberikan komentar yang mencerahkan di akun Facebooknya. Sebut saja diantaranya saat massa sedang memenuhi masjid Istiqlal Jakarta. Lin Che Wei menulis bahwa masjid ini dapat menampung 200 ribu jamaah. Berbeda dengan yang diviralkan oknum bahwa massa hanya sekira 50 ribu orang. Berikut statusnya:

Loading...

istiqlal-saat-demoo-411
Kapasitas Istiqlal sewaktu didesain Silaban. Dengan luas bangunan 2.4 hektare di atas tanah seluas 9,3 hektare, masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara ini mampu menampung jamaah hingga 200.000 orang.

Daya tampung tersebut terbagi di empat titik, yakni ruang shalat utama dan balkon serta sayap dengan kapasitas 61.000 orang, ruang pada bangunan pendahuluan (8.000 orang), ruang teras terbuka di lantai dua memuat (50.000) dan semua koridor dan tempat lainnya (81.000 orang). Ignorance Buzzer skg coba bilang bahwa yg hadir paling kurang dari 50,000. Sebelum bicara get the fact rights, it looks ignorance!

Demikian juga saat Lin Che Wei membagikan foto pendemo sedang shalat di depan sebuah gereja. Termasuk saat bercerita saat sebagian warga merasa tidak terganggu saat pulang kerja berpapasan dengan pendemo. Berikut ceritanya:

Seluruh jalan disekitar Lapangan Banteng ditutup.
Ratusan Bus, Ratusan Ribu Orang di sekitar Lapangan Banteng dan istiqlal. Jadi untuk pulang dari kantor Kemenko Perekonomian tdk bisa naik mobil, harus jalan kaki.

Tidak ada rasa takut, atau suasana mencekam meskipun banyak sekali orang.
Luar biasa, meskipun saya adalah seorang keturunan cina dan katolik.
Tidak saya lihat spanduk2 rasial, tdk ada spanduk politik. Yg ada cuma spanduk2 tentang kemarahan karena merasa agama mereka terlukai. Sepanjang jalan banyak berbicara dengan orang2 yg cukup advance secara demokratik.

Ramalan cuaca bahwa akan ada hujan tidak terjadi. Namun suasana festivity dan cukup nyaman.

Bisa bayangkan suasana ini? Jakarta memang keren. Boleh beda pendapat – tapi sangat tertib dan well-organized.

Netizen salut dengan Lin Che Wei yang mencerahkan aksi yang benar-benar damai itu.

Loading...