Shio Tahun Baru Imlek 2568, Tahun Ayam Api 2017

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

MAKASSAR,BB — Tahun Baru Imlek 2568 bertepatan jatuh pada 28 Januari 2017. Tahun baru Imlek 2017 disebut sebagai tahun Ayam Api. Mengapa disebut tahun Ayam Api?. Karena tahun ini menurut kalender Tionghoa (China) merupakan tahun Ayam yang berunsur ‘Api’ dan bersifat ‘Yin’ (bukan ‘Yang’). Memang unsur-unsur sepanjang tahun berbeda menurut kepercayaan Tionghoa.

Karena tahun ini unsur merah atau api maka tidak disarankan menggunakan warna merah. Baik dalam memilih pakaian aksesoris termasuk perhiasan. Dilansir dari situs tionghoa.info, ada baiknya menggunakan warna-warna yang bersifat melengkapi unsur merah. Warna-warna tanah seperti coklat atau kuning paling cocok untuk semua shio pada tahun 2017 ini.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:   Tahun 2014, Shio Kuda dalam Awan

Setiap tahunnya, selalu ada 4 Shio yang ciong, atau yang dalam perhitungan ilmu Fengshui, peruntungannya kurang bagus di tahun yang sedang berjalan. Untuk Shio yang ciong (jiong) di tahun Ayam Api 2017 ini adalah Tikus, Kelinci, Kuda, Ayam. Tahun ini biasanya orang yang memiliki Shio ciong akan bersembahyang secara khusus kepada Dewa Thay Shui. Untuk Dewa Thay Shui yang bertugas di tahun 2017, atau Imlek 2568 ini bernama Jenderal Tang Jie (唐杰大将军).

Foto by PUTI Indonesia

Sembahyang khusus ini dinamakan sembahyang PO UN, atau biasa disebut sebagian orang sebagai ‘ritual tolak bala’. Upacara sembahyang PO UN dalam Agama TAO selain bertujuan untuk memohon berkah dan nasib baik; juga memohon perlindungan serta keselamatan agar sepanjang tahun yang akan berjalan selalu dilindungi oleh Dewa-Dewi. Selamat Tahun Baru Imlek 2017.