Bukan Hoax, Awan ‘Tsunami’ Bak Ombak Menggulung di Langit Sulbar

  • Whatsapp

POLMAN,BB — Sebuah fenomena alam yang langka terjadi di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Sulwesi Barat, Senin 30 Senin 2017. Awalnya foto dan video yang menampakkan gambar awan bak ombak menyerupai tsunami beredar di akun sosial media warga Sulbar.

Beberapa netizen pun tidak menanggapi serius karena mirip gambar editan atau rekayasa. “Saya pikir tadi ini cuma hoax. Tapi yternyata benar, subahanallah,”kata Usman, salah seorang netizen dari Kota Makassar. Kini foto dan video awan berombak besar itu bertebaran di sosial media.

Bahkan dudah menjadi viral di dunia maya. Fenomena langka ini juga diabadikan salah seorang netizen bernama Rasma Wati di akun FB miliknya. Menurutnya video itu diambil salah seorang keluarganya. “Angin kencang disertai hujan tadi pagi. Awan bagaikan ombak yang sangat besar,”tulisnya saat membagikan videonya itu.

BACA JUGA:   Jadwal, hasil & klasemen Liga Inggris, 31/08/2014

Menanggapi hal itu, sejumlah netizen memberikan emoticon ‘kaget’. Beberapa juga meninggalkan komentar di bawah videonya. “Sesungguhnya ini bagian dari demonstrasi Allah kepada manusia. Sayangnya kadang kita hanya takut pada saat itu saja dan tidak lama kemudian langsung LUPA kembali,”komentar Risma Hikma Yanti. Kadri salah seorang pengguna FB turut membeikan tanggapan.

“Pernah juga begini paska masih SD kelas 5. Lebih seram dia awannya karena dekat sekali di kepalata diliat. Baru terbentuk sekali juga kayak tsunami. Fenomena alam ji ini karena tiupan angin yang kencang,”tulisnya.

Awan seperti gulungan ombak disebut Roll cloud/morning glory cloud. Menurut situs Wikipedia, sebagian pakar percaya kalau awan ini mungkin terbentuk akibat tiupan angin laut dari barat yang lebih kuat dan hangat dibandingkan angin timur. Ketika angin barat ini menggulung angin timur, terbentuklah awan Morning Glory. Namun, para ilmuwan masih belum mengetahui secara pasti bagaimana awan indah ini bisa terbentuk.

BACA JUGA:   Schedule ASEAN Mayors Forum (AMF) 2015 Makassar

Pos terkait