Bupati Bulukumba Shalat Idul Fitri di Lapangan Pemuda

oleh

BULUKUMBA – Shalat Idul Fitri 1438 hijriah adalah shalat Id yang kedua bagi pasangan AM Sukri Sappewali dan Tomy Satria Yulianto sejak keduanya memimpin Kabupaten Bulukumba yang dijuluki Bumi Panrita Lopi. Tampak keduanya beriringan masuk dari sebelah kanan kantor Bupati dan langsung menempati posisi shaf paling depan di belakang imam shalat Idul Fitri pas di tempat parkir mobil dinas keduanya ketika berkantor di Kantor Bupati, Minggu (25/6).

Sebelum shalat Id dilaksanakan, Bupati AM Sukri Sappewali memberikan sambutan di atas mimbar di hadapan seluruh jamaah shalat Id mulai dari halaman Kantor Bupati, lapangan Pemuda, jalanan depan kantor Badan Keuangan Daerah, kantor KPUD dan sekitaran bundaran Pinisi.

Dikatakannya penting disampaikan bahwa fokus kami berdua tentu akan tetap konsisten untuk memastikan seluruh pelayanan publik di lembaga pemerintah daerah berjalan dengan baik sesuai harapan masyarakat. Jika kemudian masih ada yang belum optimal, lanjut AM Sukri, maka kami senantiasa membuka ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan saran, masukan bahkan kritikan sekalipun, sehingga akan diupayakan perbaikan dan pembenahan.

“Dalam menjalankan amanah pelayan dan pengayom masyarakat, maka sudah barang tentu akan menjadi tugas yang berat dan penuh dengan tantangan khususnya dalam upaya mewujudkan masyarakat Bulukumba yang lebih sejahtera dan terdepan sebagai Visi Pemerintahan yang tengah kami jalankan” ujarnya .

Adapun khotbah Idul Fitri yang dibawakan oleh ustadz Muh Yusuf Sandi mengumpamakan ramadhan sebagai sebuah madrasah atau sekolah, tempat seseorang dilatih dan digembleng. Hari Raya Idul Fitri yang dilaksanakan pada hari ini, lanjut Yusuf ibarat pelaksanaan wisuda setelah bersekolah.

“Lalu apa yang membuktikan, kita semua adalah alumni madrasah ramadan ini” tanyanya dalam khotbahnya. Jawabnya adalah ketaqwaan, ciri-ciri orang yang beriman dan bertaqwa itu, tambah Yusuf adalah, percaya kepada yang ghaib, menjaga shalat 5 waktunya, selalu berinfaq atau bersedekah, beriman kepada alquran serta orang yang yakin dengan hari kiamat dan hari pembalasan bahwa setiap yang dilakukan di dunia akan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak. “Olehnya itu siapa pun yang mampu melaksanakan kelima hal tersebut, maka ia akan mendapatkan hidayah dari Allah SWT” pinta Ketua Baznas Kabupaten Bulukumba ini.

Pada kesempatan tersebut pihak PHBI juga mengumumkan juara lomba takbir keliling jalan kaki yang digelar pada malamnya. Berikut pemenangnya: untuk Kategori Masjid, juara 1 Masjid Hayyalal Falah Kampung Gadde , juara 2 Masjid Islamic Center Dato Tiro, dan juara 3 Masjid Baburrahman Tanah Kongkong. Sedangkan kategori OPD yaitu juara 1 RSUD Andi Sulthan Daeng, juara 2 Satpol PP dan Damkar dan juara 3 Dinas Koperasi dan UKM.

Nampak hadir, Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki, Sekda Andi Bau Amal, Dandim 1411 Sutikno, dan Kapolres M Anggi Naulifar Siregar Usai lebaran Bupati dan Wakil Bupati melaksanakan open house di rumah jabatannya masing-masing.(A3)