Yuk, Nikmati Keindahan Alam Panaikang Birayya Bulukumba

oleh

BULUKUMBA – Satu lagi spot wisata alam yang wajib Anda kunjungi di Kabupaten Bulukumba, Sulsel. Namanya, Panaikang Birayya, di Desa Darubiah, Kecamatan Bontobahari. Tempat wisata satu ini masih alami dan terbentang pemandangan hijau yang luas.

Paling cocok untuk Anda yang ingin merefresh pikiran dari kesibukan. “Saya menikmati keindahan alam tempat ini. Suasana sejuk dan buat merefresh pikiran. Sangat damai berada di tempat ini,” kata Irham Lahia, salah seorang pengujung, saat dihubungi beritabulukumba.com, Rabu 29 Maret 2017.

Menurutnya, Panaikang Birayya belum banyak tersentuh tangan manusia. Bahkan fasilitas yang tersedia sederhana namun tetap nyaman. “Baru satu pondok di sana. Menyediakan gasebo yang juga terbuat dari bahan alami,”ujar Irham.

Untuk mencapai tempat ini dapat ditempuh perjalanan hampir sejam dari kota Bulukumba. “Jalanan lancar meski masih ada pengerasan. Bisa dengan mobil atau motor,”tambah Irham. Selain pesona alam, Panaikang Birayya memiliki pemandangan hamparan laut yang jernih.

“Bisa mandi-mandi di laut. Tapi untuk turun masih sulit. Tangga turun dari tebing baru dibuat pengelolanya,”tambah pengurus KNPI Bulukumba ini. Serunya lagi, terdapat sumber air tawar di laut sekitar tebing. “Saya belum sempat turun ke air tawar. Tapi minggu ini ke sana lagi tuk rasakan juga,”tutupnya.