Pemuda Desa Lamanda Bulukumba Sukarela Bangun Rumah Baca Serbaguna

BULUKUMBA,BB – Rumah baca memang identik dengan kegiatan literasi, yang menyediakan bahan bacaan untuk pengunjung. Namun, di Bulukumba, tepatnya di Desa Lamanda, Kecamatan Bontotiro, telah didirikan rumah baca yang serbaguna.

Selain kegiatan baca dan tulis, rumah baca ini juga menjadi tempat pemgembangan bakat. Perkumpulan remaja di desa tersebut mendirikan rumah baca Lamanda sebagai langkah awal membangun desa dengan pendidikan. Pasalnya, Rumah Baca ini menjadi pusat kegiatan belajar.

“Masyarakat dan anak-anak khususnya tidak hanya akan diajak menulis dan membaca. Juga akan dibuka kelas menari dan puisi di rumah baca Lamanda,”kata Basmawati salah seorang remaja di Desa Lamanda yang juga ikut menggagas rumah baca Lamanda. Menurutnya rumah baca tersebut didirikan secara sukarela oleh para pemuda Desa Lamanda, yang didukung oleh perangkat desa seperti Kepala Desa.

Iklan Iklan

“Ke depan Rumah Baca Lamanda diharapkan mampu menjadi pusat kegiatan belajar di Kecamatan Bontotiro,”harap perempuan yang aktif dalam kegiatan Indonesia Mengajar itu. Rumah Baca Lamanda resmi dibuka pada 5 Juli 2017. Launching dihadiri oleh perwakilan Kantor Kecamatan, Kepala Desa, Kapolsek Bontotiro, Danramil Bontotiro dan pegiat literasi di Bulukumba. Launching sederhana itu dihibur tarian dan mancaq dari Sanggar Bahari Nusantara.

BACA JUGA:   Keren, Basmawati Raih Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2019

Basmawati Haris Literasi Rumah Baca Lamanda

Penulis: 
    author

    Posting Terkait