Lulur Pasir Putih Karya Pelajar Bulukumba Ikut Lomba PIR Nasional

BULUKUMBA,BB – Pelajar Kabupaten Bulukumba salah satu daerah di Sulsel yang getol ikut perlombaan di bidang karya ilmiah. Tak sedikit prestasi disabet bahkan di level Internasional.

Kini pelajar Bulukumba kembali mengutus delapan wakilnya untuk ajang Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Tingkat Nasional yang digelar di Provinsi Nangro Aceh Darussalam, 9-16 Juli 2017. Mereka merupakan hasil seleksi pada pelaksanaan PIR tingkat Regional yang dilaksanakan pada 7-11 Mei di Bulukumba. Siswa ini menyiapkan karya ilmiah untuk dilombakan dengan pelajar dari seluruh Indonesia.

Seperti Pemanfaatan Material Alami Pantai (pasir putih halus) menjadi Lulur Rumput Laut dengan tambahan aroma jeruk karya Melisa Nurfadiyah pelajar SMAN 6 Bulukumba. Andi Aznan Aznawi dari SMAN 8 Bulukumba akan membawa karya Alat Asap Ikan dari Kaleng Biskuit dan Andi Nurul Khaerizza Safitri pelajar SMAN 1 Bulukumba dengan karya “Seaweed Cereals” atau Pemanfaatan Rumput Laut menjadi sereal untuk pemenuhan gizi masyarakat.

Di bidang sosial, pelajar SMAN 8 Bulukumba, Andi Husnul Khatimah membuat karya tentang Sejarah Pantai Lemo-Lemo Sebagai Bumi Tempat Lahirnya Panrita Lopi. Menurut Kadis Dikpora A Muh Hamka menyebut bahwa Bulukumba selalu meraih prestasi di ajang PIR Nasional. “Terakhir tahun 2016 di Bengkulu, pelajar kita juga menjuarai untuk kategori Ilmu Pengetahuan Sosial” kata Hamka dalam pengantarnya. Tak cuma siswa, 6 guru juga ikut lomba PIR Nasional tersebut.

Iklan Iklan

Pemkab Bulukumba memang menjalin kerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Pusat. Bupati AM Sukri Sappewali menyatakan pada dasarnya Pemerintah sangat mendukung peningkatan sumber daya manusia melalui peningkatan pola pikir dan kecerdasan para generasi muda Bulukumba. “Ini momen untuk menunjukkan kemampuan dari hasil pembinaan yang telah dilakukan selama ini,” ujar AM Sukri Sappewali saat sambutan melepas peserta PIR di ruang Rapat Bupati, Jumat (7/7/2017). Ini dia karya ilmiah yang akan dibawa oleh pelajar Bulukumba.

Kategori IPA Teknologi
1. Andi Aznan Aznawi (SMAN 8 Bulukumba) – Alat Asap Ikan dari Kaleng Biskuit
2. A. Nurul Khaerizza Safitri (SMAN 1 Bulukumba) “Seaweed Cereals” atau Pemanfaatan Rumput Laut menjadi sereal untuk pemenuhan gizi masyarakat
3. Melisa Nurfadiyah (SMAN 6 Bulukumba)- Pemanfaatan Material Alami Pantai (pasir putih halus) menjadi Lulur Rumput Laut dengan tambahan aroma jeruk

Kategori IPS
4. Khaerun Fatiyah (SMAN 8 Bulukumba)- “Kareba Riolo Tasi Lemo-Lemo” Kajian Sejarah Pantai Lemo-Lemo
5. Mutmainnah (SMAN 10 Bulukumba)- Persepsi Masyarakat Terhadap Adanya Rencana Pengembangan Wisata Pantai Lemo-Lemo
6. Putri Sri Saqinah (SMAN 8 Bulukumba)- Analisis SDM Masyarakat Pesisir Pantai Lemo-Lemo dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan.
7. Abdul Wahid (SMAN 6 Bulukumba)- Persepsi Masyarakat Mengenai Pinisi Ammonang Sebagai Obyek Wisata di Pantai Lemo-Lemo
8. Andi Husnul Khatimah (SMAN 8 Bulukumba)- Sejarah Pantai Lemo-Lemo Sebagai Bumi Tempat Lahirnya Panrita Lopi.
Image may contain: 2 people, people smiling, people standing, beard and indoor

Perkemahan Ilmiah Remaja

Penulis: 
    author

    Posting Terkait