Tiga Penerbangan Dialihkan Saat TNI AU Uji Coba Rudal di Bulukumba

MAKASSAR,BB – Sebanyak tiga penerbangan domestik dan internasional dialihkan saat uji coba senjata baru milik TNI AU di laut Bulukumba, 9-13 Juli 2017. Hal itu dilakukan Airnav Indonesia Kantor Cabang MATSC sebagai dukungan program kerja Lanud Sultan Hasanuddin.

Menurut General Manager MATSC Perum LPPNPI (AIRNAV INDONESIA), Novy Pantaryanto, pihaknya mengumumkan perubahan dari fasilitas penerbangan, pelayanan, prosedur, dan potensi bahaya serta harus diketahui terutama oleh personel yang terkait dengan operasi penerbangan. “Pelayanan lalu lintas udara berdampak adanya latihan pasukan khusus TNI AU dan sekaligus uji coba senjata baru. Makanya, ada pengalihan jalur lalulintas udara untuk penerbangan nasional maupun internasional,” kata Novy Pantaryanto dalam rilisnya yang diterima Beritabulukumba.com.

BACA JUGA:   Pesawat Mata-mata Sukses Ditembak Jatuh TNI AU di Bulukumba

Area yang menjadi titik tembak senjata baru rudal Chiron dan meriam penangkis serangan udara Oerlikon mencakup wilayah Kabupaten Bulukumba, Sulsel. Adapun arah tembakan menuju barat daya (laut) dengan radius 30 kilometer dan jarak luncur hingga 10.000 m (33.000 kaki) di atas permukaan laut (dpl). Dua penerbangan domestik yang dialihkan adalah pesawat Wings Air rute domestik Makassar-Selayar dan pesawat Susi Air rute domestik Selayar-Kendari.

Iklan Iklan

“Untuk penerbangan internasional adalah pesawat Silk Air rute Singapura-Dili. Seluruh pesawat dihimbau agar tidak melintas di koordinat yang dimaksud dengan jarak radius 30 kilometer,”imbaunya.

Puncak latihan dilakukan di Pelabuhan ikan, Kecamatan Bonto Bahari Kamis (13/7/2017) mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00 Wita dan pukul 14.00 hingga pukul 16.00 Wita. Pada uji coba ini akan diterbangkan pesawat tanpa awak berupa drone yang menjadi target rudal. Radar akan mendeteksi sebagai ancaman dan lalu ditembak jatuh. (Foto dok by Andi Irdiyansyah)

BACA JUGA:   TNI AU Mulai Latihan Penembakan Serangan Udara di Bulukumba

Rudal Chiron TNI AU

Penulis: 
    author

    Posting Terkait