54 Pejabat Berebut 13 Posisi Pimpinan SKPD di Bulukumba

oleh

BULUKUMBA,BB – Sebanyak 54 pejabat eselon III berebut 13 posisi penting di Lingkup Pemkab Bulukumba. Mereka baru saja mengikuti uji kompetensi lelang jabatan di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Selasa (1/8/2017).

Jabatan yang diperebutkan adalah Pimpinan Tinggi Pratama atau Eselon II yang akan memimpin 13 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Menurut Plt. BKPSDM Andi Ade Ariadi, pelaksanaan tes dimulai dari pagi sampai sore hari, mengingat tes yang diikuti para pejabat tersebut terdiri dari tes tertulis, tes psikologi dan dinamika kelompok.

Adapun terkait tes wawancara, tambah Ade Ariadi akan dilaksanakan pada tanggal 2-4 Agustus 2017 oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel) termasuk Sekretaris Daerah di Tanjung Bira. “Iya sesuai keputusan tim pansel, tes wawancara dilaksanakan di Bira tepatnya di Hakuna Matata Resort, dengan pertimbangan agar para peserta dapat lebih konsentrasi dan fokus mengikuti tes. Dikhawatirkan jika dilaksanakan di kota, para peserta tersebut masih disibukkan dengan urusan kantornya” ujarnya

Saat ujian tes tertulis dilaksanakan, tampak Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto dan Sekretaris Daerah Andi Bau Amal ikut memantau. Dalam tes tertulis itu, para peserta hanya duduk di kursi yang dilengkapi dengan papan meja. Beberapa panitia mengawasi pelaksanaan ujian dengan berkeliling di sekitar peserta ujian. Skema ujian tertulis tersebut dibatasi dengan waktu, artinya pengerjaan soal-soal ujian hanya dilakukan sesuai petunjuk dari layar di depan. Peserta tidak boleh lagi mengerjakan soal-soal yang telah dilewati.

Pelaksanaan uji kompetensi ini dilaksanakan setelah turunnya rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) kepada pemerintah kabupaten untuk melaksanakan tahapan proses seleksi. Adapun 13 SKPD yang diperebutkan itu adalah : 1) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, 2) Dinas Komunikasi dan Informatika, 3) Dinas Sosial, 4) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 5) Badan Pendapat Daerah, 6) Dinas Pemuda dan Olahraga, 7) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, 8) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, 9) Dinas Ketahanan Pangan, 10) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana, 11) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 12) Kantor Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, 13) Inspektorat. (Andi Ayatullah/HMS)