Takbiran Keliling Sambut Idul Adha di Bulukumba

129 views

BULUKUMBA,Beritabulukumba.com – Takbiran keliling dipastikan digelar di malam perayaan lebaran Idul Adha di Bulukumba. Hal itu dikatakan Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Djunaedi
Abdillah.

Adapun Idul Adha Bulukumba akan dipusatkan di lapangan Pemuda, dengan khatib H Abd Hafid Talla dan imam shalat Id Abd Wahab. Malam takbiran keliling akan diikuti warga dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan kendaraan hias roda empat dan 2 roda.

“Sama dengan Idul Fitri kemarin, takbir keliling dan mobil hias akan
ramaikan malam Idul Adha, tentu dengan semarak kebersamaan,” jelasnya. Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tidak memperingati malam takbiran dengan ugal-ugalan, melakukan hal yang tidak bermanfaat seperti balapan liar atau membakar petasan yang ditakutkan akan menganggu hikmatnya malam takbiran.

Sementara itu Kementerian Agama (Kemenag) Bulukumba mencatat sebanyak 1.415 ternak yang akan dikurbankan pada perayaan Idul Adha 9 Dzulhijjah 1438H atau 1 September 2017. Untuk pelaksanaan shalat Idul Adha 1438 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan memusatkan di lapangan Pemuda sebagai lokasinya.

Menurut Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H Muh Yunus, jumlah tersebut terdiri dari 1.243 ekor sapi, 1 kerbau dan 163 ekor kambing. Jumlah tersebut merupakan laporan dari Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan yang mendata jumlah ternak akan dikurbankan di setiap mesjid, kelompok dan pribadi masyarakat. Untuk ternaknya sendiri, H. Muh Yunus mengaku telah lolos pemeriksaan kesehatan, yang dijamin aman untuk dikonsumsi masyarakat Bulukumba.

“Ini datanya dari KUA masing-masing, berdasarkan laporan masyarakat yang akan berkurban,” ujar Muh Yunus. Sementara itu Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Bulukumba, H. Muh Nur mengaku jika di Idul Adha ini, Bupati dan Wakil Bupati akan turut berkurban masing-masing 1 ekor sapi yang akan diserahkan usai pelaksanaan shalat Idul Adha di lapangan Pemuda

“Penyerahanya nanti setelah shalat Id, ternaknya pak bupati dipotong di
rujab, sedangkan pak Wakil Bupati di kampung halamanyannya di Ballasaraja (kediamanya),” jelas H. Muh Nur.

(Foto Kantor Bupati dan Lapangan Pemuda oleh Wawan)

Idul Adha