Dandim Ajak Warga Bulukumba Nobar Film G30S/PKI

265 views

Bulukumba, Beritabulukumba.com –
Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo telah memberikan instruksi tentang pemutaran kembali Film Pengkhianatan G30/S PKI kepada seluruh jajarannya, termasuk kepada Dandim 1411 Bulukumba, Letkol Arm Sutikno yang akan menggelar nobar di halaman Kodim 1411 Bulukumba, Jumat besok, 22 September 2017.

Dandim 1411 Bulukumba, Letkol Arm Sutikno mengungkapkan bahwa dirinya telah menerima instruksi tentang pemutaran film yang menayangkan masa kelam Indonesia tersebut. Pemutaran film itu dilakukan untuk mengingatkan kembali peristiwa sejarah agar menjadi pelajaran bagi generasi muda.

“Ini merupakan perintah dari komando atas dan saya anggap kegiatan ini sebagai sarana edukatif untuk para generasi muda dan masyarakat luas, bahwa Indonesia pernah mengalami masa-masa yang kelam dan harapannya tidak akan terjadi lagi di masa mendatang” Ujar Letkol Arm Sutikno saat dikonfirmasi pada acara penyambutan tahun baru Islam 1438 hijriah, Kamis 21 September 2017.

Sementara itu Kapolres Bulukumba, AKBP M. Anggi Naulifar Siregar menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini sebagai bahan pelajaran bagi generasi muda untuk mengetahui sejarah Indonesia.

“Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi acuan untuk mengambil langkah kedepan sebagai benteng Indonesia di masa datang” Ujar Kapolres Bulukumba.

Modul film akan diberikan ke Koramil. Ada 7 Markas Koramil di wilayah Kodim 1411 Bulukumba. Pihaknya mengimbau warga untuk menonton. Terkait adanya masukan untuk batas umur yang diperbolehkan, pihaknya siap melakukan komunikasi seperti apa batasan umur tersebut.

Pemerintah Daerah Bulukumba melalui Wakil Bupati, Tomy Satria Yulianto menutur bahwa terlepas dari pro dan kontra terhadap film yang akan di putar nanti, diharapkannya nanti generasi muda bisa memahami secara utuh bagaimana perjuangan bangsa Indonesia di masa yang lalu.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya, maka dari pada itu sejarah harus diletakkan sebaik mungkin agar menjadi modal besar untuk pembangunan kedepan, dan masih banyak generasi kita yang belum tahu bagaimana dinamika Indonesia di jaman peristiwa kelam itu, maka ini moment yang baik untuk bisa belajar banyak dari sejarah” Ujar Tomy.

Film G30/S PKI Kodim 1411 Bulukumba Nobar Film G30/S PKI