Sirnas Voli Pantai Sukses Digelar Di Bulukumba

74 views

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Setelah dilaksanakan selama empat hari, Sirkuit Nasional (Sirnas) Voli Pantai Indonesia Open Seri II yang dilaksanakan di kawasan Wisata Tanjung Bira berakhir pada Sabtu 30 September 2017. Hari terakhir tersebut diisi pertandingan semifinal dan final putra dan putri. Partai final berlangsung seru, terik matahari yang panas tidak menyurutkan para penonton untuk menyaksikan pertandingan final putra antara Tim Bulukumba-1 melawan Tim Tuban Bumiwali Jatim, begitu pula final putri yang mempertemukan antara Tim Marnas Papua dan Tim Jabar-2.

Meski terlihat sama-sama kuat dan favorit juara, namun Tim Bulukumba-1 atas nama Muhammad Arfan dan Dian Putra Santosa harus mengakui keunggulan Tuban Bumiwali Jatim yang diwakili oleh Rendy Verdian dan Nanda Eka Pratama setelah melewati rubber set atau set ketiga. Tim Bulukumba-1 kalah di set pertama dengan skor 20-22, dan di set kedua menang dengan skor 21-16. Pertandingan set ketiga berlangsung dramatis, angka skor selalu berimbang, namun di pertengahan pemain Bulukumba Muhammad Arfan mengalami cedera lutut dan sempat dirawat beberapa menit. Karena cedera tim Bulukumba 2 akhirnya tidak mampu membendung serangan-serangan dari Tuban Bumiwali.

Pemian Bulukumba, Muhammad Arfan yang mengalami cedera lutut di set terakhir

Ada pun di pertandingan final putri, Tim Marnas Papua yang dimainkan oleh Martha C. Rahawarin dan Nur Atika Sari mempecundangi tim Jabar-2 yang dimainkan oleh dua saudara kembar Novi Riani dan Nova Riana. Tim Jabar-2 takluk oleh Marnas Papua hanya dalam dua set dengan skor 21-17 dan 21-11. Tim Jabar-2 harus mengakui keunggulan dari pemain Nur Atika Sari yang memiliki serangan smash yang bertubi-tubi. Hadiah yang diperoleh para pemenang adalah uang pembinaan yaitu Juara I sebanyak Rp.8 juta, Juara II Rp.6 juta dan Juara III Rp. 4 juta

Menurut Ketua Panitia Tomy Satria Yulianto, Sirnas Voli Pantai Open Seri II diikuti oleh 9 provinsi yang terbagi dalam 20 tim putra dan 12 tim putri. Jumlah pemain putra sebanyak 44 orang dan pemain putri sebanyak 16 orang, sehingga jumlah pemain yang berlaga sejak dibuka pada tanggal 27 September sebanyak 60 orang.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto

Lebih lanjut Tomy Satria menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung event tersebut sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses, termasuk kepada para pihak sponsor. Dirinya juga berharap bahwa kunjungan para pemain ini bukan merupakan kunjungan terakhir, namun masih ada kunjungan-kunjungan berikutnya.

“Ceritakan kepada keluarga, teman dan pemerintah di tempat saudara-saudara, jika di sini di ujung selatan Sulawesi Selatan ini ada pantai yang indah bernama Bira,” pinta Tomy Satria saat penutupan Sirnas Open Seri II ini.

Sementara itu, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang menutup Sirnas Voli Pantai menyebut, jika kompetisi voli pantai kali ini menjadi catatan tersendiri bahwa Bulukumba telah berhasil melaksanakan kompetisi tingkat provinsi dan tingkat nasional.

“Tahun sebelumnya kita telah melaksanakan Kejurda Voli Pantai tingkat provinsi di Pantai Samboang, tahun ini kompetisi tingkat nasional di Bira. Oleh karena itu, kami pun siap jika akan dilaksanakan kejuaran voli pantai tingkat asia di tempat ini,” tukas AM Sukri Sappewali.

Bupati Bulukumba, A.M. Sukri A. Sappewali

Selain menata pantai Tanjung Bira, pihak Pemkab Bulukumba tambah AM Sukri Sappewali akan berupaya menggelar event-event di kawasan tersebut sehingga semakin banyak pengunjung yang datang ke Tanjung Bira. Olehnya itu, ia meminta kerjasama para masyarakat dan pedagang yang ada dalam kawasan untuk menjaga kenyamanan pengunjung di pantai pasir putih itu.

Open Seri II Sirnas Voli Pantai