Tomy Bawakan Materi Pendidikan Karakter Di Pramuka Pangkalan SMAN 9 Bulukumba

oleh

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Usai penutupan Sirnas Voli Pantai di Tanjung Bira, Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto menghadiri undangan untuk memberikan ceramah di Gugus Depan Gerakan Pramuka Pangkalan SMAN 9 Bulukumba di Ujungloe, Sabtu malam (30/9).

Tomy Satria Yulianto yang juga menjabat Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bulukumba memberikan ceramah kepada puluhan adik-adik pramuka yang mengikuti Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dengan topik “Pramuka dalam Bingkai Pendidikan Karakter”.

Loading...

Menurut Tomy, Gerakan Pramuka merupakan Gerakan Pendidikan yang komplementer dan suplementer pada segmen yang belum ditangani oleh lembaga pendidikan lain. Melalui pramuka, lanjut Tomy maka anak-anak muda akan menemu kenali potensi-potensi yang dimilikinya, baik intelektual, spritual maupun sosialnya. Dikatakannya pendidikan itu tidak hanya sekedar “education is about knowing” atau sekedar mengetahui, namun pendidikan itu bagaimana menjadi “education is about being” atau pendidikan yang tidak hanya mengetahui namun disikapi dan dicontohkan. Tomy memberi contoh bahwa semua orang tahu narkoba itu merusak, dan rata-rata yang memakai adalah orang terpelajar, namun mereka hanya tahu, namun tidak sesuai dengan perilakunya.

Di era sekarang ini, Tomy meminta kepada para anak-anak pramuka memiliki pembeda dengan anak-anak yang lain. Anak pramuka memiliki pedoman dan prinsip dalam Dasa Darma Pramuka, sehingga mereka memiliki budi pekerti yang baik dan menjadi inspirasi bagi orang di sekitarnya. Dengan demikian, lanjut Tomy secara tersirat maupun tersurat, pendidikan karakter sudah ada dalam pramuka.

“Jika semua anggota gerakan pramuka, memahami, mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari isi Dasa Darma Pramuka, maka ia akan menjadi pribadi yang tangguh, disiplin,

Loading...