Bupati Vicon Dengan Gubernur di Titik 896

oleh

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali berbicara dengan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo di titik 896, tepatnya di Puskesmas Caile Kecamatan Ujung Bulu. Titik 896 adalah salah satu titik dari 1000 titik di Provinsi Sulawesi Selatan yang secara serentak melaksanakan Gerakan 1000 Goodness atau G1000G bidang Kesehatan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Selatan 348 tahun 2017, Senin (2/10)

Di Puskesmas Caile, AM Sukri Sappewali melaporkan kepada Gubernur SYL yang berada di Balai Kesehatan Kerja Makassar terkait rangkaian kegiatan G1000G yang dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba melalui video conference (Vicon) menggunakan Skype. Bupati menyampaikan bahwa Bulukumba mengambil bagian dalam gerakan tersebut yang secara serentak dilaksanakan di 43 titik yang tersebar di 8 kecamatan, 15 puskesmas, 18 pustu dan 3 klinik.

Loading...

Di 43 titik tersebut, kata AM Sukri Sappewali, jajaran Dinas Kesehatan dan puskesmas melaksanakan berbagai kegiatan secara gratis seperti senam Prolanis, pemeriksaan kesehatan (check-up), pemeriksaan gigi dan mulut, deteksi dini penyakit kusta, pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan kadar hemoglobin bagi calon pendonor darah, serta makan atau konsumsi buah lokal.

Kegiatan G1000G ini adalah bagian dari Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat yang merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Tujuan dari Germas itu sendiri agar masyarakat berperilaku hidup sehat sehingga berdampak pada kondisi kesehatan yang terjaga, meningkatkan produktifitas, tercipta lingkungan yang sehat, serta mengurangi biaya pengobatan.

Saat memberikan sambutan di acara tersebut, AM Sukri Sappewali menyatakan sangat mendukung gerakan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi. Menurutnya pembangunan kesehatan masyarakat adalah hal yang pokok dan mendasar yang harus dilakukan oleh pemerintah. Banyaknya penyakit yang muncul, oleh karena masyarakat masih belum memprioritaskan aspek kesehatan serta kurang berolahraga. Makanya ia menghimbau para aparatur pemerintah dan masyarakat untuk selalu berolahraga.

“Kita tidak ingin mewariskan generasi yang sakit, namun kita harus mewariskan generasi yang sehat dan cerdas,” ungkapnya

Pada kesempatan tersebut, AM Sukri Sappewali kembali mewanti-wanti para petugas kesehatan. Ia mengaku masih mendapatkan laporan jika masih ada petugas kesehatan tidak bersikap sopan kepada pasien.

“Berkali-kali saya ingatkan kepada jajaran Dinas Kesehatan, puskesmas dan rumah sakit, untuk selalu bersikap sopan dan ramah kepada pasien. Tanamkan bahwa senyummu adalah kesembuhanku,” tegas AM Sukri Sappewali 

Loading...