Wawancarai Calon Kepala Dinas, Bupati : Banyak Calon Tidak Mengerti Tupoksinya.

oleh

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Sejumlah calon pejabat tinggi pratama atau calon kepala dinas atau badan mulai mengikuti tes wawancara dengan Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dan Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, Selasa (3/10).

Wawancara dengan Bupati dan Wakil Bupati, berlangsung di ruang rapat Bupati Bulukumba. Wawancara tersebut merupakan bagian dari tahapan lelang jabatan 13 kepala dinas dan badan yang saat ini masih hanya dipimpin pelaksana tugas atau Plt.

Loading...

Pada hari pertama, para calon kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), yang dipanggil masuk ke ruang kerja Bupati, untuk tes wawancara.

“Satu per satu masuk ke ruang rapat Bupati. Mereka dipanggil secara acak, tidak berdasarkan urutan di pengumuman. Masing-masing didampingi istri atau suami saat mereka (calon kepala OPD) masuk ke tempat wawancara. Tapi ada juga yang tidak didampingi, mungkin pasangannya berhalangan,” kata Kepala Sub Bagian Pemberitaan Bagian Humas Bulukumba, Andi Ayatullah, Selasa (3/10).

36 pejabat lingkup Pemkab Bulukumba, dipastikan ikut tes wawancara dengan Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dan Wabup Tomy Satria Yulianto. Hasil dari wawancara itu, Bupati akan menentukan dan memilih 13 orang pejabat yang akan menduduki jabatan eselon dua.

“Wawancara dengan setiap calon dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Materi wawancara terkait visi dan program yang mereka akan lakukan apabila menjabat, sehingga visi misi Pemkab bisa diwujudkan,” Tambah Andi Ayatullah.

Proses wawancara engan Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali dan Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto di ruang rapat Bupati, Selasa (3/10)

Sementara itu, Bupati Bulukumba, A.M. Sukri A. Sappewali yang ditemui di kantor Bupati menuturkan kepada beritabulukumba.com bahwa masih banyak calon kepala dinas yang tidak mengerti akan tugas pokok dan fungsinya masing masing (Tupoksi)

“Saya bingung, karena dari beberapa yang sudah saya wawancarai tadi masih ada yang tidak mengerti tupoksi dari OPD yang ditempati, makanya saya harapkan untuk semua calon untuk benar benar paham soal tupoksi OPD masing masing sebelum wawancara” Ujar Andi Sukri.

Bupati Bulukumba juga mengharuskan para calon untuk ditemani pasangannya (suami-istri) hadir dalam sesi wawancara untuk memberikan pemahaman sinkronisasi atas tupoksi OPD yang diminati.

“Saya sengaja minta pasangannya hadir supaya bisa diberikan pemahaman agar mereka siap ‘all round’ dalam melaksanakan tugas, jangan sampai karena menjenguk istri atau suaminya yang bertempat tinggal diluar Bulukumba menghambat atau menggangu jalannya tugas mereka nanti, apalagi istri mereka yang terpilih akan menjadi ketua Dharma Wanita di OPDnya jadi harus aktif” Tambah Andi Sukri.

Proses wawancara calon pejabat tinggi pratama atau calon kepala dinas atau badan ini sendiri akan ditargetkan selesai minggu ini.

“Saya targetkan semua selesai minggu ini, besok saya usahakan wawancara 15 orang dari 5 OPD yang akan dipilih” Tutup Andi Sukri.

Loading...