Pembentukan Satgas Penertiban Tambang Dinilai Cuma Buang Anggaran

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Bulukumba, Beritabulukumba.com – DPRD Bulukumba menganggap pembentukan Satuan Tugas (Satgas) penertiban tambang buang anggaran saja. Hal tersebut dikarenakan masih banyak tambang ilegal yang beroperasi, dikarenakan Tim Satgas membekingi para penambang ilegal.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Komisi D, Muh Bakti saat rapat Badan Anggaran (Banggar) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Rabu, 4 Oktober diruang paripurna kemarin. Bakti mengatakan ada musuh dalam selimut, dikarenakan setiap operasi, tim satgas tidak menemukan kegiatan tambang.

Percuma katanya, daerah mengeluarkan anggaran yang besar untuk honor para satgas jika pola kerja tetap sama yang melakukan operasi di singa hari, karena para penambang melakukan kegiatanya di malam hari. Belum lagi adanya informasi yang bocor dari Satgas sendiri sehingga tujuan untuk penertiban tambang tidak tercapai.

“Ini minta tambahan Rp 200 juta untuk honor. Bagaimana mau dikasi kalau kinerjanya tidak ada,” ujar Bakti.

Senada diungkapkan anggota DPRD lainya, Lukman yang mengaku sangat menyayangkan adanya kong-kalikong antara satgas dan penambang, sehingga dalam prosesnya tidak ditemukan kegiatan tambang padahal, dari informasi yang dia dapatkan masih banyak yang melakukan penambangan ilegal, yang ditakutkan jika terus terjadi akan berdampak pada kerusakan ekosisrem yang ada.