Kartini Cup Rayakan Ulang Tahunnya di Bulukumba

84 views

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Kartini Cup genap berusia 2 (dua) tahun dalam kiprahnya memajukan dunia basket putri yang ada di Sulawesi Selatan sejak tahun 2015 silam. Kompetisi basket yang bersifat persahabatan ini merayakan hari jadi keduanya di lapangan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Bulukumba Jl. Muchtar Lutfi, Kab Bulukumba dikarenakan Bulukumba ditunjuk jadi tuan rumah pada gelaran ke 9 Kartini Cup yang berlangsung mulai dari 7 – 8 Oktober 2017.

Kartini Cup adalah sebuah kompetisi basket yang di khususkan untuk tim basket putri yang ada di Sulawesi Selatan. Kurangnya pelaksanaan event bola basket untuk kategori putri di daerah mengharuskan pelatih putri di daerah memiliki program yg kreatif. Salah satunya dengan menjadwal pertandingan uji coba, persahabatan dan sejenisnya untuk mengamati dan mengevaluasi pencapaian dari latihan sebelumnya. Ini juga salah satu program dari pelatih untuk menjaga minat para pemain putri di daerah agar tetap eksis di lapangan basket.

Berawal dari keinginan para pelatih pelatih untuk tetap menjaga komunitas bola basket putri di daerah masing masing maka terciptalah ide yang bersama sama dibahas untuk melaksanakan pertandingan persahabatan dengan regulasi batas umur yg pada saat itu di sepakati bersama kelahiran 1 Januari 1994 yg di pusatkan tapi tetap bernuansa kompetisi demi meningkatkan agresifitas dan totalitas tim.

Pelatih tim Kartini Sidrap, R.Sulfiani Annas, menuturkan bahwa sebelumnya Kartini Cup adalah sebuah kompetisi dari musyawarah 6 kabupaten yang saat itu ingin fokus terhadap peningkatan kualitas atlet basket putri.

Pelatih Tim Kartini Sidrap, R.Sulfiani Annas.

“Dulu ada 6 Kabupaten yang ikut musyawarah, diantaranya Palopo, Pare-Pare, Bone, Soppeng, Wajo dan Sidrap. Waktu pertama kali digelar di Wajo bukan Kartini Cup namanya tapi Batari Cup, tapi kemudian para pelatih saat itu sepakat mengubah nama jadi Kartini Cup yang dipakai sampai sekarang,” Ujar Cube sapaan akrabnya.

Pelatih tim Kartini Soppeng, Andi Muhammad Taufik, mengatakan bahwa tujuan Kartini Cup adalah sebagai wadah penyaluran bakat dan pengapresiasi pemain bola basket putri di daerah.

Pelatih Tim Kartini Soppeng, Andi Muhammad Taufik

“Kartini Cup sebagai motivasi buat adik-adik pemain putri agar lebih giat berlatih, juga untuk promosi merekrut pemain-pemain putri baru di daerah masing-masing, mengingat regulasi batas umur terus di perbaharui,” Ungkap Taufik.

Hal senada dikatakan oleh pelatih tim Kartini Gowa, Amsywar Syafruddin Putra, selain sebagai peningkatan kualitas pemain basket putri, Kartini Cup juga bertujuan agar basket putri di Sulawesi Selatan bisa lebih maju.

Pelatih Tim Kartini Gowa, Amsywar Syafruddin Putra

“Kartini Cup adalah salah satu ajang yang paling tepat untuk menguji materi Praporda dari masing-masing daerah, meningkatkan antusias pelajar putri di daerah untuk bermain basket dan memajukan bola basket putri sulawesi selatan,” Ujar Anca sapaan akrabnya.

Sementara itu, Saiful salah satu pengurus Perbasi Bulukumba mengungkapkan bahwa Bulukumba bangga bisa menjadi tuan rumah gelaran Kartini Cup ini apalagi bertepatan di hari jadi ke 2 tahun Kartini Cup.

“Kami atas nama Perbasi Bulukumba yang kemudian ditujunjuk sebagai tuan rumah Kartini Cup, mengucapkan selamat ulang tahun untuk Kartini Cup, semoga dengan kompetisi ini tiap daerah bisa melahirkan para kartini hebat di dunia basket,” Ujar Iful.

Kartini Cup Perbasi Bulukumba