Sinjai Peringkat 1 Kartini Cup IX di Bulukumba

oleh

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) Bulukumba sukses menggelar Kartini Cup IX yang dimulai dari tanggal 7 – 8 Oktober 2017 di lapangan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Bulukumba Jl. Muchtar Lutfi, Kab Bulukumba. Dari 6 tim yang berlaga, tim kartini Sinjai berhasil menjadi peringkat 1 setelah mendapatkan perlawanan sengit dari tim kartini Sidrap di partai final, Minggu 8 Oktober 2017.

Tim kartini Sidrap yang memimpin pada kuarter 1,2, dan 3 dengan poin tipis atas Sinjai tak mampu mempertahankan keunggulan pada kuarter 4, skor final 20 – 31 untuk kemenangan tim kartini Sinjai dan Sidrap harus puas berada di peringkat ke 2 pada gelaran kali ini.

Sementara itu, di pertandingan untuk memperebutkan peringkat 3 dan 4, mempertemukan tuan rumah tim kartini Bulukumba kontra tim kartini Soppeng. Tim tuan rumah yang bermain di depan pendukunmg sendiri tak mampu membendung serangan yang dilakukan oleh tim kartini Soppeng. Tuan rumah yang tertinggal sejak kuarter pertama tak mampu berbuat banyak, skor final 10 – 21 untuk kemenangan tim kartini soppeng yang sekaligus mengantarkan mereka ke peringkat 3 sedangkan tuan rumah Bulukumba harus puas berada di peringkat ke 4.

Foto Bersama. Tim Kartini Bulukumba (Biru) dan Tim Kartini Soppeng (Hitam)

Andi Muhammad Taufik, sebagai salah satu pengagas Kartini Cup menuturkan bahwa kompetisi yang bersifat persahabatan ini selanjutnya akan diagendakan di Kabupaten Sinjai sebagai tuan rumah.

“Kali ini kami menunjuk Sinjai sebagai tuan rumah pada gelaran berikutnya, insya allah itu di bulan Desember tahun ini, semoga semakin banyak bibit bibit kartini baru yang muncul untuk bisa membanggakan Sulsel di ajang basket putri kedepan” Ujar Taufik.

Fair Play. Tim Kartini Soppeng Melawan Tim Kartini Sidrap Pada Partai Semifinal Di Lapangan Basket PSDA, Minggu 8 Oktober 2017

Dari 6 kabupaten daerah yaitu Bulukumba, Sinjai, Soppeng, Sidrap, Jeneponto, Gowa yang mengikuti Kartini Cup IX Bulukumba, 1 tim yang berada di peringkat paling bawah yaitu tim kartini Jeneponto harus degradasi dan digantikan dengan kabupaten yang lain untuk gelaran kartini berikutnya, Tim kartini Gowa sendiri berada di peringkat 5 setelah mengalahkan Jeneponto dengan skor telak 35 – 6.

“Sudah peraturan Kartini Cup seperti itu, jadi tim yang berada di paling bawah terpaksa harus degradasi, nanti kita ambil dari daerah lain untuk mengisi kekosongan itu” Tambah Taufik.

Berikut hasil pertandingan Kartini Cup IX Bulukumba hari kedua (8 Oktober 2017) :

Semifinal :
Bulukumba vs Sinjai : 6 – 24
Sidrap vs Soppeng : 19 – 4

Peringkat 5 – 6 :
Gowa vs Jeneponto : 35 – 6

Peringkat 3 -4 :
Bulukumba vs Soppeng : 21 – 10

Final :
Sidrap vs Sinjai : 20 – 31