Siapakah Juara Liga 1 Gojek Traveloka? Ini Prediksinya

oleh

Jakarta, Beritabulukumba.com – Menyisakan 6 laga terakhir perburuan juara Liga 1 Gojek Traveloka semakin ketat, 5 tim teratas dari klasemen sementara yakni Bhayangkara FC, Bali United, Madura Untited, PSM Makassar dan Persipura Jayapura masih sama sama berpeluang untuk untuk menyandang juara. Hingga merampungkan pekan ke-28, puncak klasemen masih ditempati Bhayangkara FC dengan koleksi 59 poin. Menyusul berturut-turut adalah Bali United dengan 55 poin, sementara Madura United dan PSM Makassar yang sama-sama mengoleksi 52 poin unggul 2 angka dari tim peringkat lima Persipura Jayapura.

Meski Bhayangkara FC yang saat ini menduduki puncak klasemen namun langkah menuju tangga juara tak mungkin mudah, The Guardians masih harus melakoni dua partai berat, yakni berhadapan dengan PSM Makassar dan Madura United dan laga pamungkas yang akan mempertemukan mereka dengan tim tangguh Persija Jakarta.

Situasi tak lantas begitu saja menguntungkan Madura United. Pasalnya Greg Nwokolo dan kawan-kawan masih harus melakoni partai tak kalah berat, termasuk laga di kandang Persib pada Kamis (19/10/2017) mendatang dan di kandang PSM pada pekan pamungkas, Minggu (12/11/2017).

Jalan berat bagi Bhayangkara FC dan Madura United mungkin sebagian pihak akan langsung mengunggulkan Bali United. Namun faktanya, prediksi tersebut belum tentu menjanjikan.

Pasalnya Bali United bisa meraih juara apabila Bhayangkara FC minimal takluk dua kali dari lawan-lawannya dan Bali United menyapu bersih semua laga sisa.

Di sisi lain, PSM Makassar masih akan bertemu para kompetitor seperti Bhayangkara FC, Madura United, dan Bali United. Berlaga melawan tim tangguh jelas bakal menyulitkan, tetapi ibarat dua sisi koin, situasi tersebut bisa dijadikan peluang oleh PSM. Tak seperti tiga kompetitor lain yang masih harus saling bergantung dengan hasil tim lawan, PSM justru tak perlu berpikir banyak hal. Asal bisa menyapu bersih tujuh laga sisa, kans Juku Eja untuk menjuarai GoJek Traveloka Liga 1 terbuka lebar.

Klasemen Sementara 5 Tim Perburuan Gelar Juara Liga 1 Gojek Traveloka

Skenario menuju juara bagi PSM Makassar juga bukan hal mudah, Juku Eja memang diuntungkan kala berhadapan dengan Bali United dan Madura United karena berstatus sebagai tim tuan rumah. Namun, kala berlaga melawan Bhayangkara FC pada Kamis (19/10/2017), status PSM Makassar adalah tim tamu. Pertandingan Bhayangkara FC vs PSM Makassar barangkali bakal menjadi salah satu kunci untuk mengintip seberapa besar peluang Juku Eja memungkasi liga di posisi teratas.

Selain melawan tiga kompetitornya, PSM Makassar juga harus bertarung melawan Persib Bandung, Persiba Balikpapan dan bertandang di markas Barito Putera.

Sementara itu, Persipura Jayapura yang berada di peringkat 5 dengan ketertinggalan 9 poin dari pemuncak klasemen tak boleh luput dari perhatian, Meski berada di peringkat lima dan berjarak sembilan poin dari puncak klasemen, Mutiara Hitam masih diunggulkan lantaran akan bertanding melawan tim-tim yang relatif lebih lemah.

Di 6 laga sisa, Boaz Solossa dan kawan-kawan bakal bertanding melawan Mitra Kukar, Persija, Perseru, Arema FC, PS TNI, dan Sriwijaya FC. Jika empat tim teratas saling terpeleset di laga yang tersisa, bukan tidak mungkin Persipura Jayapura akan merangsak naik ke posisi yang lebih diunggulkan.

Juara GoJek Traveloka musim ini akan mewakili Indonesia di playoff Liga Champions Asia. Sementara itu tim peringkat dua dan tiga bakal mendapat jatah berlaga di kompetisi Piala AFC.

“Untuk tahun 2018, kita mendapatkan jatah satu klub di playoff Liga Champions Asia dan dua tim di babak grup Piala AFC,” ujar Sekjen PSSI non-aktif Ade Wellington seperti dikutip Antara pada Sabtu (4/3/2017) silam.

Persaingan gelar juara saat ini terbilang unik. Dari lima tim kandidat juara, tiga diantaranya merupakan tim dengan usia relatif muda dan belum pernah merasakan panggung kompetisi antar tim di Asia. Berbeda dengan PSM dan Persipura yang pernah mencicipi gemerlap kompetisi Asia beberapa tahun lalu, Bali United, Madura United, dan Bhayangkara FC belum sekalipun merasakan kompetisi level benua.