Video Detik – Detik Aksi Massa Menerobos Masuk ke Kantor Bupati Bulukumba

59 views

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Adat Palioi menolak pembangunan rumah adat yang berlokasi di Pappae, Desa Taccorong, Kecamatan Gantarang Bulukumba.

Pasalnya pembangunan rumah adat di daerah Pappae, Desa Taccorong, Kecamatan Gantarang, Bulukumba yang berjarak kurang lebih 15 Kilo dari lokasi semestinya dibangun di Desa Somba Palioi, Kecamatan Kindang.

Aksi baku dorong antara peserta aksi dengan aparat tak terhindarkan, aparat Kepolisian dan Satpol PP yang berjaga di depan pintu masuk kantor Bupati tak berdaya menghalau massa dan akhirnya berhasil menerobos masuk ke ruang loby kantor Bupati.

Video Detik – Detik Aksi Massa Menerobos Masuk Ke Kantor Bupati Bulukumba

Tak berselang lama, Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto segera menemui demonstran untuk mendengarkan tuntutan mereka hingga akhirnya suasana cair.

Koordinator Massa, Muh. Sudirman S, dihadapan Tomy meminta Pemerintah daerah agar dapat memdiasi antara masyarakat Adat Palioi dengan pihak-pihak yang mengatas namakan diri Raja Palioi.

“Pak wakil, saya sampaikan jika kami menggungat orang yang mengaku Raja Somba Palioi karena keberadaannnya hanya akan menggeser nilai sejarah Somba Palioi serta silsilah keturunannya sangat keliru,” Ungkapnya.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto yang menanggapi aspirasi para peserta aksi menuturkan bahwa Pemkab Bulukumba akan segera memediasi hal ini ke pihak terkait.

“Hari kamis ini kami mempertemukan teman-teman semua dengan pihak yang mengaku sebagai Raja Palioi, kami juga akan memangil pihak-pihak terkait dalam hal ini Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan kami panggil,” Ungkap Wabup.

Benteng Palioi Kerajaan Somba Palioi