Lebih Seribu Honorer K2 Bulukumba Dipastikan Gugur

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

BULUKUMBA,BB – Seribu lebih honorer kategori dua (K2) di Kabupaten Bulukumba, Sulsel dipastikan gugur lantaran bermasalah dengan dokumen persyaratan.

Mereka pun tak bisa mengikuti ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) jalur honorer K2. BKN menegaskan, honorer yang tidak bersayarat atau dokumennya bermasalah, tidak dapat diloloskan mengikuti ujian.

“BKN sudah menegaskan honorer K2 yang tidak lolos verifikasi dinyatakan gugur,” kata Makmur Masda, anggota pengawas independen tim verifikasi.

Beberapa waktu lalu, tim verifikasi berkas honorer K2 bentukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba yang dinakhodai Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) melakukan konsultasi kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta terkait hal tersebut.

BACA JUGA:   Menpan Pastikan Pengumuman CPNS Umum Hari Selasa Besok

Makmur belum dapat menyebutkan jumlah pasti honorer K2 Bulukumba Sulsel yang masuk dalam daftar merah (redlist). Namun, dari 3.385 honorer non APBD/APBN, sedikitnya seribu yang berkasnya bermasalah.

“Saya belum tahu pasti informasi terkahir. Tapi dua pekan lalu sudah ada 1.162 berkas honorer yang bermasalah. Rata-rata soal SK (Surat Pengangkatan) sebagai honorer yang fiktif. Ini baru dari kalangan guru, belum teknis dan tenaga medis,” bebernya.

Kabag Humas Pemkab Bulukumba, H Sukarman, membenarkan hasil konsultasi tim verifikasi tersebut. Dengan demikian, bisa dipastikan berkas honorer K2 yang tidak lolos verifikasi di daerah tidak dapat lagi diproses di BKN.

Laporan: Cr19/ED

  • Whatsapp