Google Rayakan Ultah Ahli Fisika Pakistan S. Chandrasekhar

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

JAKARTA,Beritabulukumba.com – Google Indonesia dan secara global kembali membuat doodle hari ini Rabu 18 Oktober 2017. Kali ini mengangkat sosok bernama Subrahmanyan Chandrasekhar atau disingkat S. Chandrasekhar.

S. Chandrasekhar adalah fisikawan India-Amerika Serikat. Dia sebenarnya lahir di Lahore, India Britania atau kini di Pakistan, 19 Oktober 1910. Atau hari ini merayakan ultah ke-107. Dia adalah keponakan Chandrasekhara Raman, fisikawan pemenang Hadiah Nobel Fisika 1930.

Berbagai penghargaan dan prestasi diraihnya. Sebut saja menerima gelar B.A. dari Universitas Madras. Di Universitas Cambridge ia menerima gelar Ph.D. dan mengembangkan teori bintang kerdil putih, menunjukkan bahwa tekanan degenerasi mekanika kuantum tidak bisa menstabilkan bintang raksasa.

Ia bekerja di Universitas Chicago dan Observatorium Yerkes dari 1937 hingga 1995. Chandrasekhar adalah pegawai di Ballistic Research Laboratory di Aberdeen Proving Ground, Maryland selama PD II.

BACA JUGA:   Ulang Tahun ke 18, Google Banjir Ucapan Happy Birthday dari Netizen

Ia meneliti dan menulis sejumlah buku penting mengenai struktur dan evolusi bintang, sifat-sifat dinamis kluster dan galaksi bintang, transfer energi radiasi, stabilitas hidrodinamika dan hidromagnetika, stabilitas bilangan persamaan ellips, dan teori matematis lubang hitam. Ia juga bekerja pada astrofisika relativistik, dan buku terakhirnya adalah Newton’s Principia for the Common Reader. Ia mengedit Astrophysical Journal selama hampir 20 tahun. Ia terkenal atas cintanya pada keanggunan dan presisi matematika. (Wiki)