Presiden Baru Timor Leste bertemu SBY Besok

oleh

Jakarta,BB – Presiden Timor Leste yang baru dilantik April lalu, Taur Matan Ruak akan bertemu Presiden Suslilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara Jumat 21 juni 2013.

Taur Matan Ruak yang didampingi Ibu Negara Isabel Da Costa Ferreira ke Indonesia merupakan perjalanan ke uar negeri pertama negara bekas wilayah Indonesia.

Loading...

Di Jakarta, kedua pemimpin akan menggelar pertemuan bilateral dan tête-a-tête. Momentum kunjungan ini diharapkan dapat semakin memperkuat kedekatan hubungan bilateral kedua negara yang selama ini telah terjalin dengan baik.

Peningkatan hubungan bilateral antara lain ditunjukkan dengan intensitas perdagangan di antara kedua negara dalam beberapa tahun terakhir ini.

Sebagai ilustrasi, pada periode 2008-2012, volume perdagangan RI dan Timor Leste menunjukkan kecenderungan peningkatan sebesar 27,68%. Sementara itu, dari sisi nilai perdagangan pada periode 2011-2012 terdapat peningkatan dari US$ 221,5 juta menjadi US$ 258,8 juta.

Lebih lanjut lagi, para pelaku ekonomi Indonesia juga terus menunjukkan minatnya untuk berinvestasi di Timor Leste, diantaranya Pertamina, Merpati, Bank Mandiri, PT Wika, PT Pembangunan Perumahan, Sucofindo, dan Telkomcel.

Telkomcel merupakan perusahaan joint venture RI-Timor Leste yang pembentukannya dilakukan setelah PT Telkom Internasional memenangkan tender untuk penyediaan layanan komunikasi seluler di Timor-Leste selama 15 tahun. Nilai investasi awal yang ditanamkan PT Telkom Internasional sebesar US$ 50 juta.

Selain peningkatan kerja sama ekonomi, kedua negara juga meningkatkan kerja sama di bidang-bidang lainnya, termasuk di bidang kebudayaan.

“Kunjungan ini merupakan kehormatan bagi Indonesia karena mencerminkan kedekatan hubungan dan persahabatan kedua negara. Kedekatan hubungan ini dicirikan oleh komitmen bersama untuk mengedepankan pendekatan yang melihat ke depan, forward looking, yang ditumbuhkembangkan melalui perkuatan kerja sama di berbagai sector,” kata Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah dalam siaran persnya.

Laporan: Cr12/JKT/osa

Loading...