Daftar Jenderal TNI Yang Pernah Ditolak Masuk AS

oleh

Jakarta, Beritabulukumba.com – Ternyata bukan cuma Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang pernah ditolak untuk memasuki wilayah kedaulatan Amerika Serikat (AS), sebelumnya ada beberapa Jenderal Indonesia yang ditolak masuk oleh Custom and Border Protection negeri Paman Sam tersebut.

Berikut daftar Jenderal TNI yang pernah ditolak bertandang ke Amerika Serikat.

1. Prabowo Subianto
Nama Prabowo Subianto ditolak masuk ke Amerika pada tahun 2000. Menurut New York Times, pada tahun 2000 lalu, Departemen Luar Negeri AS menolak visa Prabowo. Prabowo dituding terlibat penculikan, pelanggaran HAM dan percobaan kudeta setelah lengsernya Soeharto tahun 1998 lalu.

2. Wiranto
Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (Deplu AS) menetapkan enam warga Indonesia dilarang masuk ke negara tersebut. Satu dari orang tersebut seperti dilansir dari harian Washington Post edisi 16 Januari 2004 adalah Jenderal (purn) Wiranto. Wiranto dituduh terlibat kejahatan perang oleh pengadilan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Ia didakwa terlibat tindak kekerasan di Timor-Timur pada 1999. Menteri Koordinator Bidang Hukum, Politik, dan Keamanan RI itu dilarang masuk ke Amerika Serikat pada 15 Januari 2004 lalu.

3. Zacky Anwar Makarim
Mayor Jenderal TNI (Purnawirawan) itu juga pernah dicekal masuk Amerika Serikat pada Februari 2014. Kongres Amerika Serikat menilai pimpinan TNI belum diadili menurut kaidah peradilan internasional terkait peristiwa Santa Cruz di Timor Leste pada 12 November 1991.

4. Sjafrie Sjamsuddin
Saat hendak mendampingi Presiden SBY menghadiri pertemuan kelompok G20 di Pittsburgh, Amerika Serikat pada Oktober 2009. Mantan Menteri Pertahanan dicekal karena diduga terlibat dalam peristiwa Santa Cruz di Timor Leste pada 12 November 1991.

5. Pramono Edhie Wibowo
Diduga terlibat kejahatan perang di Timor Leste pada 1999, ia dicekal masuk ke AS pada Oktober 2009.