Surat Untuk Presiden Dari Pelosok Selatan Bulukumba

oleh
Nira siswi SDN 170 Liukang, Bulukumba, sedang menulis Surat untuk Presiden Jokowi

Namanya Nira, dalam tulisannya ia meminta dengan hormat kepada bapak Presiden agar dikirimkan Buku Pelajaran untuknya, teman sekelasnya, dan juga untuk perpustakaan sekolahnya SDN 170 Liukang, Dusun Liukang Loe, Kec. Bontobahari, Kab.Bulukumba.

Nira yang baru duduk dibangku kelas 3 SD sangat semangat pada Gerakan “Ayo Menulis Surat Untuk Presiden” itu. Dia bahkan tak canggung mengangkat tangan saat panitia meminta satu siswa membacakan isi suratnya. Nira ternyata memiliki harapan dan mimpi bertemu Presiden Jokowi di kampung halamannya. Nira ingin agar Jokowi merasakan asiknya bersama anak pantai. Menangkap ikan bersama-sama. Lalu menikmati hidangan ikan bakar hasil tangkapan.

Loading...

Tak cuma mengajak ke Pulau Liukang, Nira juga menawarkan kapal Ayahnya untuk mengangkut Presiden dari Pelabuhan Bira ke Pulau Liukang. Maklum, untuk menuju Pulau di bagian selatan Bulukumba itu harus menggunakan perahu dari Bira. Nira juga tak lupa meminta kepada Presiden agar dikirimkan Buku pelajaran untuknya, teman sekelasnya, dan juga untuk perpustakaan sekolahnya SDN 170 Liukang. Tak cuma meminta, Nira juga sosok bertanggung jawab. Buktinya setelah menulis harapan, Dia juga ingin meraih prestasi dengan adanya bantuan buku dari Presiden.

Nira ingin menjadi siswi berprestasi dengan mengikuti jejak kakak-kakaknya. Ia menyebutkan prestasi kakak-kakaknya sejak sekolah tak pernah meraih rangking 4 sampai dengan 10. Melainkan hanya bermain pada rangking 1 smpai 3.

Salah seorang relawan, Fitria Hardiyanti Suwardi menyebut Nira anak yang cerdas. Menurutnya di usia masih belia mampu memikirkan dirinya bahkan juga mampu memikirkan orang lain.

“Semangat Literasi Nira luar biasa. Terbukti disaat siswa lain tidak berani tampil membacakan suratnya, ia dengan semangat lari kedepan kelas untuk mengekspresikan apa yang telah ia tulis,” kata Fitri.

Sehari sebelumnya, acara sama juga digelar di SDN 312 Sapaya Kajang. Puluhan pelajar SD ikut ambil bagian dengan menulis surat untuk Presiden.

Loading...