TP PKK Bulukumba Panen Kangkung di Daerah Pesisir

oleh
Wakil TP-PKK Bulukumba, Siti Isniyah saat panen kangkung di kebun pesisir. Senin, 23/10/2017 | Foto : Felix

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Ada inovasi baru yang dilakukan oleh Pemkab Bulukumba dalam bidang pangan, melalui Dinas Ketahanan Pangan Bulukumba yang diinisiasi oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Bulukumba.

Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Cendana dan KWT Dahlia ada dua binaan dari Dinas Ketahanan Pangan yang mampu mewujudkan inovasi tersebut. Terlihat Wakil TP-PKK Bulukumba, Siti Isniyah turut menghadiri panen kangkung pertama kali di Dusun Gusung’e, Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba, Senin 23 Oktober 2017.

Pada umumnya kebun sayur berada di dataran tinggi atau daerah dgn struktur tanah yg gembur, hal ini berbeda dengan kebun sayur yang letaknya berada di daerah pesisir pantai dan hanya berjarak sekitar 50 Meter dari bibir pantai dengan tentunya struktur tanah yang berpasir.

Siti Isniyah menuturkan bahwa inovasi Kebun Pesisir ini diharap mampu untuk menambah penghasilan para ibu rumah tangga di daerah pesisir yang kebanyakan berprofesi sebagai petani rumput laut.

“Kami dari TP-PKK Bulukumba yang bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan ingin membuat para ibu rumah tangga untuk bisa lebih sejahtera lewat program Kebun Pesisir ini, dari pada lahan mereka tidak termanfaatkan dengan baik jadi mending kita carikan solusi untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan, salah satunya dengan kebun pesisir ini” Ujar Siti Isniyah.

Selain itu, Istri Wakil Bupati Bulukumba ini mengatakan bahwa akan ada banyak Kebun Pesisir yang digalakkan di Kabupaten Bulukumba.

“Sementara ini baru disini, nanti kita akan bikin lebih banyak seperti ini di daerah pesisir Bulukumba, dan juga ada banyak program program untuk pemberdayaan wanita khususnya ibu rumah tangga yang ada di Bulukumba dari TP-PKK” Tutup Siti Isniyah.

Adapun komoditas yang ditanam di Kebun Pesisir adalah sayuran seperti Kangkung, Tomat dan Cabe Rawit.