Pemkab Bulukumba Bakal Gelar Festival Pinisi ke 8

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba melalui Dinas Pariwisata kembali menghelat Festival Pinisi 2017. Event tahunan yang ke 8 ini, akan menampilkan beberapa event yang sebelumnya belum pernah diselenggarakan. Rencananya Festival Pinisi dimulai dan dibuka pada tanggal 2 sampai dengan 4 November 2017.

Salah satu rangkaian event yang baru pada Festival Pinisi ini adalah Trip Leppe’e -Bira, yaitu kegiatan berlayar yang diikuti oleh Pinisi dan perahu layar lainnya yang dilepas di pelabuhan Leppe’e Kota Bulukumba dan finish di Tanjung Bira.  Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Muh Ali Saleng mengatakan, pelaksanaan Festival Pinisi 2017 memiliki nuansa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya diramaikan acara seremonial dan tarian tradisional. Tahun ini, sejumlah agenda kegiatan lebih kepada mengangkat nilai sejarah dan kearifan lokal.

BACA JUGA:   Lagu "Bken" Ereku Band Jadi Trend di Radio Bulukumba

“Salah satunya trip perahu yang berlayar dari Pelabuhan Leppe’e menuju Tanjung Bira. Kita tidak hanya mengundang pelaut lokal saja, tapi juga dari seantero Sulawesi Selatan. Tidak tanggung-tanggung, panitia menyiapkan hadiah utama mobil, ada juga motor dan hadiah menarik lainnya,” ungkap Ali Saleng.

Ali menjelaskan kapal-kapal yang menjadi peserta trip memiliki kriteria, seperti memiliki layar dengan kapasitas mesin 15 GT. Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan lomba memancing ikan berkelompok, satu kelompok beranggotakan tujuh orang. Syaratnya ikan yang dipancing tidak boleh jenis ikan yang dilindungi seperti Napoleon dan Hiu.