Gema Desantara, Bupati Bulukumba Video Confrence Dengan Menpora

oleh

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali lakukan sambungan Teleconference dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Dusun Takkue, Desa Seppang, Kecamatan Ujung Loe, Jumat (27/10).

Sambungan telepon video ini terkait dengan kegiatan Generasi Muda Desa Nusantara (Gema Desantara) dalam melatih pemuda Bulukumba menjadi kader yang dikemas dalam Pelatihan Kepeloporan Pemuda Bidang Pertanian Organik Berbasis Kearifan Lokal.

Soffi Poppiati yang mewakili Menpora mengatakan bahwa pelatihan seperti ini berlangsung di 20 titik, yakni Sulawesi Selatan 9 titik, Sulawesi Barat 2 titik, Sulawesi Tenggara 4 titik, Sumatera Selatan 1 titik, Jawa Timur 3 titik, dan Jawa Barat 1 titik.

“Istimewanya, Bulukumba menjadi titik terkuat karena memiliki titik paling banyak. Sebanyak 50 orang pemuda yang akan diikutkan dalam pelatihan ini,” kata Soffi

Soffi berharap kegiatan ini mampu menciptakan pemuda yang aktif, kreatif, dan inovatif guna meningkatkan hasil produksi pertanian. Ia menyebut gula dan bawang bisa jadi pupuk, nasi basi bisa jadi pupuk, bahkan sisa tulang ikan pun bisa dijadikan pupuk.

Bupati Bulukumba, A.M Sukri A. Sappewali sangat mengapresiasi Gema Desantara ini. Bupati berharap pembentukan kader ini bisa menjadi wadah dalam peningkatan hasil pertanian di Bulukumba.

“Saya berharap Pemuda di sini bisa membuat pertanian percontohan agar produksi hasil pertanian kita bisa meningkat setiap tahunnya. Saya siap membantu dalam hal sarana dan prasarana”, ujar AM Sukri.

Mantan TNI ini, menambahkan agar semua prosedur tetap berjalan secara terpadu, menemukan tantangan dan hal-hal baru sehingga nampak kemajuan dari produksi hasil pertanian.

Dalam sambungan Teleconference yang berlangsung beberapa menit, Menteri Pemuda dan Olahraga menyampaikan apresiasi yang besar kepada Bupati Bulukumba karena tidak henti-hentinya memberikan dukungan dan semangat kepada generasi muda guna peningkatan hasil pertanian di Bulukumba.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga berdialog dengan masyarakat Dusun Takkue Desa Seppang Kecamatan Ujung Loe. Pada dialog tersebut Bupati banyak menerima aspirasi dari masyarakat terkait kondisi wilayah Dusun Takkue, mulai rendahnya hasil panen yang disebabkan oleh jaringan irigasi yang belum maksimal masuk ke wilayah mereka sampai dengan kondisi jalan yang belum diaspal oleh pemerintah. Atas aspirasi tersebut, Bupati pun berjanji akan memasukkan pada Rancangan APBD 2018 perbaikan jalan tersebut.

Selain itu, A. M. Sukri Sappewali memberikan bantuan perbaikan masjid yang ada di Dusun Takkue dan membeli beras hasil produksi atau kemasan lokal petani Bulukumba.

Diakhir dialognya, Bupati yang didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura, Dinas Komunikasi dan Informatika menitipkan pesan kepada para pemuda agar menjadi menjadi pemuda yang tangguh, pemuda yang inovatif, pemuda pelopor pembangunan di desa masing-masing, membantu pemerintah desa, serta memikirkan bagaimana peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa, membantu kepala desa dalam merumuskan kebijakan-kebijakan strategis di desa agar desa tersebut dapat lebih maju.