Bupati dan Kapolres Bulukumba Tandatangani MoU Dihadapan Kapolda

oleh

Makassar, Beritabulukumba.com – Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali bersama Kapolres M Anggi Naulifar Siregar menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait Program Pembinaan dan Pelatihan Bagi Calon Anggota Kepolisian Republik Indonesia. Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Kapolda Sulsel Irjen Muktiono yang dilaksanakan di Hotel Dalton Makassar, Senin (30/10)

Ketua Panitia Pelaksana Program Pembinaan dan Pelatihan (BINLAK) yang juga menjabat Kepala Biro SDM Polda Sulsel, Kombespol. Yohanes Ragil dalam laporannya menyampaikan bahwa Penandatanganan MoU ini tidak terlepas dari semangat Polri untuk mencari kader-kader calon anggota Polri yang mahir, terpuji dan patuh hukum dalam mengawaki organisasi Polri. Oleh karena itu, tambah Yohanes, dibutuhkan dukungan dari Pemerintah Daerah dalam menyukseskan program ini, mulai dari proses penjaringan, seleksi, pembinaan dan pelatihan, dukungan anggaran, sarana dan prasarana serta analisis dan penilaian.

Sementara itu, Kapolda Irjen Muktiono mengatakan kegiatan yang digelar itu adalah untuk kepentingan bangsa dan negara yang kita cintai ini. Menurutnya reformasi birokrasi di tubuh Polri menuntut adanya pembaruan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan.

“Polri selaku pengayom masyarakat akan selalu berbenah diri untuk menghadapi tantangan yang semakin berat, sehingga diperlukan aparat yang memiliki ilmu pengetahuan, terampil, profesional, modern, terpercaya, unggul dan kompetitif,” pinta Muktiono

Lebih lanjut, mantan Kapolda Maluku ini berharap, dengan MoU tersebut, kita akan mendapatkan calon anggota Polri yang berkualitas sebagai ujung tombak pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegak hukum yang berintegritas, berakhlak mulia, serta mampu bersaing di era globalisasi.

Adapun Bupati AM Sukri Sappewali menyambut baik pelaksanaan MOU itu. Menurutnya itu merupakan terobosan yang dilakukan oleh Polri yang harus didukung penuh.

Dikatakannya, dengan pembinaan dan pelatihan tersebut diharapkan banyak anak-anak Bulukumba yang bisa mengabdikan diri menjadi anggota Polri.

“Kita akan seleksi anak-anak yang berprestasi di sekolah baik di bidang Iptek maupun bidang olahraga. Begitu pun dengan anak-anak yang sudah tamat sekolah, namun belum mendapatkan pekerjaan tapi usianya masih memungkinkan untuk mengikuti seleksi calon anggota Polri,” tukas AM Sukri Sappewali

Untuk menindaklanjuti MoU tersebut, pihaknya (DisDikbud) lanjut AM Sukri dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Polres Bulukumba untuk turun memantau dan menyeleksi anak-anak yang berprestasi dan memiliki bakat.

Dirinya sangat yakin pelajar Bulukumba nantinya akan mampu bersaing dengan calon anggota Polri dari daerah lainnya, karena menurutnya sudah ada contoh tahun 2017 ini, dimana pihaknya melakukan pembimbingan terhadap calon praja IPDN dan hasilnya jumlah yang diterima tahun 2017 meningkat dari tahun sebelumnya.