Brigpol Anwar : Saya Siap Bertanggung Jawab Dunia Akhirat

oleh
Kapolres Bulukumba, AKBP M. Anggi Naulifar Siregar saat konferensi pers di Warkop Mattoanging, Rabu 8/11/2017 I Foto : Felix

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Bulukumba, AKBP M. Anggi Naulifar Siregar, mengatakan personil Satuan Polisi Lalulintas Polres Bulukumba Brigadir Polisi (Brigpol) Anwar merasa bersalah atas insiden Operasi Zebra yang menyebabkan 1 warga Kecamatan Ujungloe, Kabupaten Bulukumba, bernama Zainal Abidin, meninggal dunia.

Insiden yang terjadi Sabtu pekan lalu, meninggalkan duka yang mendalam bagi Brigpol Anwar. Kapolres Bulukumba AKBP M. Anggi Naulifar Siregar, mengaku Brigpol Anwar merasa bersalah. “Dia (Anwar) merasa bersalah. Dan, siap bertanggung kawab dunia akhirat,” Ujar AKBP Anggi Naulifar Siregar, mengutip pernyataan Brigpol Anwar.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolres Bulukumba AKBP M. Anggi Naulifar Siregar, dalam konferensi pers diwarkop Mattioangin, Rabu (8/11/2017). “Brigpol Anwar siap jalani proses hukum,” terang AKBP Anggi Naulifar Siregar.

Dihadapan para awak media, mantan Kapolres Sidrap itu, menjelaskan kronologis operasi zebra yang dilakukan anggota Satuan Lalulintas Polres Bulukumba Sabtu pekan lalu.

“Ada razia, kemudian ada pengendara motor. Takut mungkin karena tidak lengkap, Lalu balik kanan. Disitu ada Brigpol Anwar, Lalu dia (pengendara) diminta berhenti, kemudian secara tidak sengaja HT yang dipegang oleh Brigpol Anwar disambar oleh si pengendara, yang membonceng itu menunduk untuk menghindar, yang kena sambaran HT itu yang dibonceng,” Tutur AKBP Anggi Naulifar Siregar.

Kapolres Bulukumba, AKBP M. Anggi Naulifar Siregar saat konferensi pers di Warkop Mattoanging, Rabu 8/11/2017

Sejauh ini, pihak Polda Sulsel sendiri sudah melakukan pemeriksaan, termasuk pemeriksaan sejumlah saksi. Dari hasil pemeriksaan sementara, diketahui ada kelalaian dalam operasi zebra.

“Dia (Brigpol Anwar) tidak sengaja, HT yang dia pegang itu disambar, sehingga ada kelalaian yang menyebabkan orang meninggal dunia,” Ungkap AKBP Anggi Naulifar Siregar.

Sejauh ini, Polres Bulukumba telah melakukan berbagai langkah persuasit dalam menangani masalah ini. Menurut Kapolres AKBP M. Anggi Naulifar Siregar, pihaknya sudah melakukan pendekatan kepada keluarga korban dan mempersilahkan apabila ada pihak yang ingin mengawal kasus ini hingga tuntas.

“Bagi teman-teman yang ingin mengawal kasus ini kita persilahkan, tidak ada yang kita tutupi, kami Polres Bulukumba terbuka untuk semua pihak” Tutup AKBP Anggi Naulifar Siregar.

Untuk saat ini Brigpol Anwar telah ditahan di Mapolres Bulukumba untuk dilakukan penyelidikan lebih jauh dengan status terperiksa.