Kabupaten Bulukumba Menuju Ramah Disabilitas

oleh
Ilustrasi I Foto : Internet

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Bulukumba ramah disabilitas namanya, hal ini merupakan program yang akan di rancang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama pemerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba pada 2018 mendatang. Dalam program ini, disabilitas akan akan mendapatkan akses yang sama dengan masyarakat pada umumnya, termasuk sekolah umum yang bisa ditempati kaum marjinal ini.

Ketua Komisi A, DPRD Bulukumba, A. Arman, Selasa, 28 November 2017 mengatakan saat ini tengah menyusun Perda disabilitas yang saat ini tahap perampungan, dia target bulan Desember mendatang. Perda inisiatif ini lahir berdasarkan keprihatinan DPRD yang tidak melihat adanya keberpihakan anggaran pada kaum disabilitas.

“Sisa menunggu hasil rapat intern Pansus, terkait berapa besaran anggaran, apakah 3 atau 2 persen setiap anggaran SPKD (Satuan Kerja Perangkat Daerah),” Ujar A. Arman.

Dalam perda tersebut, A. Arman menjelaskan akan mengatur penganggaran yang pro pada disabilitas, seperti bangunan yang diwajibkan memiliki sarana kaum disabilitas, bacaan serta pendidikan yang tidak lagi harus di SLB (Sekolah Luar Biasa) namun sekolah umum.

“Agar kaum disabilitas bisa belajar di sekolah umum, akan diberikan pendidikan tambahan bagi guru yang telah ada, karena saat ini tidak memungkinkan adanya pengangkatan PNS (Pegawai Negeri Sipil),” Tambah A. Arman

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulukumba, Ahmad Januaris yang dikonfirmasi mengiyakan jika Bulukumba memang sedang menuju ramah disabilitas, dengan rampungnya Perda Disabilitas nantinya anak disabilitas akan bisa memilih sekolah apa yang disukai. Infrastruktur pembangunan sekolah juga direnovasi dengan melengkapi bangunan penunjang kaum disabilitas.

“Sekarang belum, tapi kedepannya seluruh bangunan sekolah akan dilengkapi penunjang kaum disabilitas, seperti tangga yang akan dilengkapi lintasan kursi roda,” Ungkap Ahmad Januaris.