Wabup Bulukumba Jadi Pemateri di LK II HMI Tingkat Nasional

oleh
Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto saat membawakan materi pada LK II HMI Tingkat Nasional di Hotel Andira Bulukumba, Selasa, 28/11/2017. I Foto : Felix

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Wakil Bupati (Wabup) Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, didaulat menjadi pemateri dihadapan puluhan peserta Latihan Kader II (Intermediate Training) Tingkat Nasional yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba, Pada kesempatan itu Wabup Bulukumba mengajak aktivis HMI untuk mengkontruksi gerakan dalam rangka melakukan kritikan terhadap pemerintah di Hotel Andira Bulukumba, Selasa 28 November 2017.

“Generasi milenial mengharuskan seluruh pihak termasuk HMI untuk mengupgrade gerakan. Jika dulu di era 90-an, Mahasiswa turun ke jalan karena dasar dukungan masyarakat atas kegelisahan bersama. Maka saat ini, kita harus mengakui ada gerakan yang tidak sepenuhnya mewakili keresahan masyarakat. Sehingga teman-teman HMI harus bisa memperbaharui gerakan dengan mampu membaca tanda-tanda zaman, silahkan melakukan gerakan dengan instrumen yang konstruktif,” Ujar Tomy.

Tomy menambahkan, dalam teori pembangunan daerah suatu wilayah, ada tiga elemen penting yang ikut bertanggungjawab dalam rangka mensukeskan pembangunan, diantaranya Pemerintah, Swasta dan Masyarakat, termasuk didalamnya pemuda.

Dalam konteks gerakan, HMI merupakan salah satu organisasi yang secara langsung dan tidak langsung ikut bertanggung jawab dalam menjamin keberlangsungan pembangunan suatu daerah telah sepatutnya memiliki potensi dan arah gerakan yang mempuni dengan memiliki kedalaman data dan kapasitas sehingga melahirkan gerakan pembaharu yang tidak hanya bisa kritik namun mampu membawa solusi.

“Anak muda harus datang dengan gagasan dan kreatifitas. Silahkan mengkritik tapi datang membawa solusi sehingga bisa berkontribusi dan gagasan itu bisa dimasukkan kedalam arah kebijakan dan program kerja pemerintahan. Jangan kita hanya mengkritik pada wilayah argumentasi tapi gagal di wilayah praktek,” Tutup Tomy.

Setelah membawakan materinya, Wabup Bulukumba, Tomy Satria Yulianto mendapatkan piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba, Rahmat Fajar.

Latihan Kader II (Intermediate Training) Tingkat Nasional yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba diikuti sebanyak 80 peserta yang menjadi utusan dari masing-masing cabang HMI. Kegiatan ini sendiri akan berlangsung selama 9 hari 9 malam di Hotel Andira Bulukumba.