87.414 BPJS Warga Bantaeng Akan Ditanggung Pemkab 2018 Mendatang

oleh

Bantaeng, Beritabulukumba.com – Dihari ulang tahun Kabupaten Bantaeng ke-763 Tahun menjadi kabar gembira bagi seluruh rakyat Kabupaten Banteng, pasalnya per 2018 mendatang, seluruh masyarakat akan memiliki BPJS Kesehatan dan ditanggung oleh Pemkab Bantaeng.

Komitmen Pemkab Bantaeng ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang cakupan semesta kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) atau dikenal dengan nama Universal Health Coverage (UHC) oleh Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah bersama Kepala BPJS Cabang Bulukumba Diah Eka Rini, pada puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantaeng ke 763, Kamis (7/12) di lapangan pantai Seruni Bantaeng.

Sampai 1 desember 2017, jumlah penduduk Bantaeng yang telah terdaftar yaitu 108.037 jiwa atau sekitar 55,3 persen dari total 195.451 jiwa penduduk, sehingga per 1 januari 2018 mendatang, Pemkab kembali mengasuransikan sebanyak 87.414 jiwa. Artinya seluruh masyarakat Bantaeng 2018 mendatang telah memiliki Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Bupati Bantaeng, Prof Nurdin Abdullah yang menuturkan kepada Beritabulukumba.com jika hal ini dilakukan untuk memberi perlindungan kepada masyarakatnya.

“Sebagai wujud komitmen saya, atas dukungan Dprd Kabupaten Bantaeng, warga yang belum dicover BPJS, pada tahun 2018 semua warga Bantaeng akan diasuransikan melalui APBD Bantaeng,” Tutur Nurdin Abdullah.

Sementara itu, Kepala BPJS Cabang Bulukumba, Diah Eka Rini mengungkapkan bahwa Kabupaten Bantaeng adalah kabupaten di wilayah selatan di Sulawesi Selatan dalam pencapaian cakupan kesehatan semesta.

“Untuk wilayah selatan di Sulawesi Selatan, Kabupaten Bantaeng yang pertama dalam capaian ini, semoga ini bisa menjadi motivasi bagi kabupaten lainnya untuk mendaftarkan seluruh penduduknya menjadi peserta JKN-KIS,” Ujar Diah Eka Rini.