Besok, Mengenang Alm. Aktivis Bulukumba Yang Takkan Pernah Padam

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Mengenang Almarhum Ust. Bucek, Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) Bulukumba bekerjasama dengan Kondoa Etnika akan mengelar panggung kebudayaan yang bertempat di Bundaran Pinisi Bulukumba, Besok, Minggu, 10 Desember 2017. Mengambil Tema ‘Yang Takkan Pernah Padam’ gelaran ini juga sebagai bentuk memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang juga jatuh pada hari yang sama.

Adapun rangkaian kegiatan diantaranya tausiyah,pemutaran video dokumenter almarhum Ust. Bucek, pemutaran video testimoni, pembacaan puisi, tari, basing-basing dan pertunjukan musik.

Menurut Ketua Panitia pelaksana A. Ardiansyah, “Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat luas, masih banyak pelanggaran HAM yang terjadi di bulukumba,” ungkapnya.

Agra Bulukumba aktif mengawal konflik agrarian antara masyarakat adat Suku Kajang dan PT. Lonsum serta Masyarakat dan Kawasan Taman Hutan Rakyat (Tahura) menilai negara abai terhadap pemenuhan hak-hak masyarakat atas tanah.

BACA JUGA:   Ini 6 Tuntutan AGRA kepada Presiden Jokowi

Kegiatan ini juga sekaligus dirangkaikan dengan merefleksi memori kebersamaan Almarhum Ust. Bucek yang merupakan aktivis AGRA Bulukumba yang selama sisa hidupnya menyuarakan hak masyarakat kecil yang tertindas.

“Ust. Bucek merupakan sahabat dan kawan penuh keceriaan dan semangat dan telah menunjukkan ke kami komitmennya untuk mengabdikan diri kepada perjuangan panjang hingga ajal menjemputnya,” tambah A. Ardiansyah.