Kampanyekan Proiklim, Forum Kampung Iklim Dideklarasikan di Bulukumba

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Kampanye proiklim diawali pelaksanaannya di Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba yang sekaligus mendeklarasikan adanya Forum Kampung Iklim sebagai wadah komunikasi dan koordinasi dalam melaksanakan kegiatan di bidang lingkungan, khususnya dalam menghadapi dampak perubahan iklim, baik yang sifatnya adaptasi maupun mitigasi.

Seperti diketahui dalam dua tahun terakhir ini, Kabupaten Bulukumba mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari pemerintah pusat. Tahun 2017 ini Desa Salassae melalui Komunitas Swabina Pedesaan Salassae (KSPS) meraih penghargaan tersebut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Misbawati A Wawo menyebut upaya kampanye proklim sebagai gerakan meningkatkan pemahaman dan wawasan masyarakat tentang perubahan iklim untuk melaksanakan berbagai kegiatan adaptasi dan mitigasi lingkungan secara terstruktur.

“Kami berharap ke depan selalu ada penambahan jumlah lokasi proklim yang merupakan lokasi peduli iklim yang pada akhirnya akan membantu upaya dalam penurunan emisi gas rumah kaca,” pinta Misbawati saat menyampaikan laporannya pada kegiatan Kampanye Proklim di lapangan Desa Salassae, Selasa (19/12)

BACA JUGA:   Sakau di Minimarket, Upi Peringatkan Bahaya Narkoba Sambil Teriak "Wee Saya Ditangkap"

Kampanye proklim tersebut, lanjut Misbawati untuk memberikan informasi ke seluruh stakeholder bahwa pemerintah pusat memberi pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi.