Kades se-Bulukumba Cari Inovasi di Bursa Inovasi Desa

oleh

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pemberdayaan dan Desa (PMD) bekerjasama dengan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) di Hotel Agri, Jumat 22 Desember 2017.

Bursa yang pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba ini diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh perwakilan desa seperti kepala desa, anggota BPD, dan LPMD serta hadir para camat se Kabupaten Bulukumba
.
Kepala Bidang Pembangunan dan Usaha Ekonomi Dinas PMD, Alwi Hasan menyampaikan jika bursa inovasi desa dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi akan menyelesaian masalah, serta mendorong inisiatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

“Di bursa inovasi desa diharapkan terjadi pertukaran pengetahuan dari kegiatan yang inovatif yang telah dilakukan oleh desa-desa yang di Indonesia,” pinta Alwi Hasan.

Pada acara BID ini, tambah Alwi, para peserta melakukan proses konsultasi terhadap inovasi yang ingin diterapkan di desanya, baik sifat infrastruktur, pemberdayaan, maupun kegiatan lainnya yang dinilai mampu dikembangkan dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas PMD Andi Kurniady yang membuka acara mengatakan bahwa menggali potensi desa saat ini merupakan hal yang prioritas dan menjadi fokus perhatian kita bersama. Menggali dan menemukenali potensi desa di Kabupaten Bulukumba merupakan upaya yang urgen untuk dilaksanakan guna mengoptimalkan segala sumber daya yang dimiliki oleh desa-desa yang ada di Kabupaten Bulukumba.

“Kalau semua desa di Bulukumba menjadi baik dan berkembang, itu artinya Bulukumba secara keseluruhan juga berkembang. Maka di sinilah peran penting semua stakeholder untuk saling bekerja sama dan kerja bersama dalam membangun daerah Bulukumba,” kata Andi Kurniady

Dirinya berharap ke depan, pihaknya menargetkan, satu produk unggulan satu desa, karena menurutnya tak bisa dipungkiri, di tengah persaingan global yang semakin kompetitif, maka yang dibutuhkan adalah terobosan-terobosan yang memberi nilai lebih terhadap apa yang dikerjakan.