Cegah Korupsi, Pemkab Bulukumba Gunakan Simda Perencaaan

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba bekerjasama Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Selatan mendorong penggunaan aplikasi Simda perencanaan. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung terwujudnya Good Governance (tata Kelola Pemerintahan baik) dan Clean Government (Pemerintahan yang Bersih) dalam penyelenggaraan otonomi daerah yang profesional, terbuka dan bertanggungjawab.

Dalam mendorong penggunaan aplikasi tersebut 2 dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Bulukumba yang terdiri bagian perencanaan mengikuti pelatihan, Kamis, 21 Desember di aula Kantor Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Bulukumba.

Kepala BPKP Sulsel yang diwakili Penangungjawab Aplikasi Simda, Haeruddin dalam sambutannya mengatakan, jika Bulukumba merupakan salah satu daerah yang tertib adminitrasi dan keuangan, hal tersebut terbukti melalui laporannya yang telah terpantau langsung oleh pusat melalui aplikasi Simda yang terlebih dahulu digunakan yaitu Simda Keuangan, Simda barang milik daerah, Pendapatan serta Simda pelaporan desa.

“Ini aplikasi simda yang kelima digunakan Bulukumba, dan tentu harus apresiasi karena Bulukumba ingin mecegah terjadinya Korupsi,” ujar Haeruddin.

BACA JUGA:   Bupati Bulukumba Larang 62 Kades Baru Gelar Pesta Syukuran

Dengan adanya aplikasi ini, Haeruddin mengaku akan mencegah adanya pelanggaran-pelanggaran, salah satunya korupsi dan dan suap menyuap, yang terjadi akibat tidak terkelola baiknya perencanaan awal, tanpa melalui Musyawarah Pembangunan (Musrembang), RPJMD dan KUA-PPAS.