Kemensos Salurkan Bantuan Non Tunai PKH di Bulukumba

Gambar Gravatar
  • Whatsapp

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Kementerian Sosial (Kemensos) melaksanakan penyaluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) kepada 350 warga miskin secara simbolis di Kabupaten Bulukumba. Penyaluran bantuan untuk triwulan 4 tersebut dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati, dan dihadiri oleh anggota DPR RI asal Sulawesi Selatan Samsu Niang dan Direktur Penanganan Fakir Miskin Kemensos Dr. Abdul Hayat Gani, Sabtu, (23/12).

Jumlah keluarga penerima manfaat PKH di Kabupaten Bulukumba sebanyak 6.219 keluarga dengan total anggaran bantuan yang gelontorkan sebanyak Rp 11,7 miliar. Jumlah bantuan yang diterima per keluarga sebesar Rp. 1.890.000 yang dicairkan per triwulan. Penerimaan bantuan tersebut berupa non tunai, nanti ketika ingin dicairkan yang bersangkutan mendatangi loket pencairan yang telah disiapkan oleh Bank Mandiri dengan menggunakan kartu ATM.

BACA JUGA:   Bulukumba Sajikan Ratusan Produk Rumahan di Video Conference Bareng Gubernur

Menurut Samsu Niang jumlah penerima manfaat PKH dari tahun ke tahun semakin bertambah sebagai upaya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan. Pada tahun 2013 baru mencapai 3,5 juta keluarga, tahun 2015 bertambah menjadi 6 juta penerima, dan pada tahun 2018 mendatang akan ditingkatkan lagi menjadi 10 juta penerima PKH.

Program PKH ini, lanjut Samsu Niang untuk membantu keluarga dalam pendidikan dan kesehatan anak-anak sekolah. Uniknya bantuan non tunai tersebut hanya boleh dipegang oleh ibu rumah tangga.