Realisasi PBB Tahap Akhir, 1 Desa di Kajang Masih Terendah

oleh
Data Realisasi PBB-P2, Periode 2017

Bulukumba, Beritabulukumba.com – Realisasi penerimaan Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) Kabupaten Bulukumba sudah memasuki tahap akhir di bulan Desember 2017, namun nilai yang masuk baru 73,63% atau 10,1 milyar rupiah dari 13,8 milyar rupiah. Padahal sebelumnya PBB-P2 sudah memberlakukan denda sebesar 2% per bulannya sejak 30 September 2017. 1 Desa di Kecamatan Kajang masih sangat rendah dalam realisasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) nya.

Menurut Kasubid Penagihan PBB-P2 Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Zulfairah Kurnia, ada 1 Desa dari Kecamatan Kajang punya angka terendah dalam realisasi PBBnya yaitu Desa Bonto Baji yang realisasinya 3% atau baru Rp. 2.128.041 dari target Rp. 69.324.735.

Loading...

“Pak desa kalau ditagih susah dihubungi untuk penagihannya, kalau ditelfon dia reject-ji atau ndak diangkat sama sekali telfonnya, padahal ini data sudah mau disetor ke Inspektorat,” Ujar Zulfairah Kurnia, Rabu 27 Desember 2017.

Kepala Desa Bonto Baji, Ahmad Asbar yang dikonfirmasi oleh Beritabulukumba.com mengungkapkan bahwa akan segera membayarkan PBB desanya.

“Besok dinda, saya bayarkan itu langsung ke kantor Bapenda, memang selama ini ada beberapa hambatannya, tapi akan dibayarkan, dananya sudah ada,” Ujar Ahmad Asbar.

Sementara itu, Camat Kajang, Andi Buyung Saputra Sahib mengatakan bahwa untuk warga Desa Bonto Baji sudah ditagih untuk pembayarannya.

“Warga desa Bonto Baji sudah ditagih itu, tapi dananya tertahan di kolektor penagihan, nanti saya coba komunikasikan lagi,” Ujar Andi Buyung

Loading...